Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate mengatakan negaranya menampilkan permainan modern saat menumbangkan Belanda pada semifinal Euro atau Piala Eropa 2024 Jerman dengan skor 2-1 di Signal Iduna Park, Dortmund, Rabu waktu setempat atau Kamis WIB.

Xavi Simons dengan tendangan briliannya membuka keunggulan untuk Belanda pada menit ke-7 sebelum disamakan oleh penalti Harry Kane pada menit ke-18.

Laga hampir dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Namun, pergantian yang dilakukan Southgate dengan memasukkan Ollie Watkins di menit-menit akhir membuat The Three Lions menyelesaikan laga cukup dengan waktu normal setelah striker Aston Villa itu menjadi penentu kemenangan pada menit ke-90.

"Saya sangat senang dengan kualitas permainan kami. Saya bayangkan, ini akan menjadi waktu yang lama, jika pernah, tim Inggris menguasai 60 persen penguasaan bola melawan tim dari Belanda. Jadi ini menunjukkan Inggris yang lebih modern," kata Southgate.

Southgate mendapat banyak kritik setelah timnya membutuhkan gol penyeimbang di akhir pertandingan melawan Slovakia dan Swiss untuk mencapai empat besar.

Baca juga: Inggris ke final Euro 2024, Suporter: Football's coming home!

Namun dalam empat turnamen besar yang dipimpinnya, Southgate kini telah membawa negaranya mencapai dua final (Euro 2020 dan Euro 2024), satu semifinal (Piala Dunia 2018), dan satu perempat final (Piala Dunia 2022).

Ia saat ini ingin menebus kekalahannya di final Euro 2020 melalui adu penalti dari Italia di Wembley tiga tahun lalu.

“Satu-satunya alasan saya melakukan pekerjaan ini adalah untuk mencoba membawa kesuksesan bagi Inggris sebagai sebuah bangsa dan mencoba meningkatkan sepak bola Inggris,” katanya.

“Untuk bisa membawa tim ke final pertama di luar negeri, saya sangat bangga akan hal itu," tambahnya.

"Tetapi sekarang tentu saja kami datang ke sini untuk menang. Kami menghadapi tim yang merupakan tim terbaik di turnamen ini dan kami memiliki waktu persiapan yang lebih sedikit, jadi ini adalah tugas yang berat. Namun kami masih di sini dan kami sedang bertarung," lanjutnya.

Di partai puncak, Inggris akan melawan tim yang selalu menang di Euro 2024 yaitu Spanyol di Stadion Olimpiade Berlin pada Minggu (14/7) waktu setempat atau Senin (15/7) pukul 02.00 WIB.

Baca juga: Southgate percaya diri kembali antar Inggris ke final Euro
Baca juga: Pelatih Spanyol puji kejeniusan Lamine Yamal

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024