Pada 2023 nilai ekspor kita dari hasil hilirisasi nikel mencapai 33,8 miliar dolar AS. Naik 10 kali hanya dalam waktu empat sampai lima tahun
Sumedang, Jawa Barat (ANTARA) - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa hilirisasi merupakan salah satu jalan untuk menciptakan sumber pendapatan negara guna mewujudkan cita-cita Indonesia Emas pada 2045.

“Maka ketika saya masuk di dalam pemerintah, Presiden Jokowi langsung memerintahkan kami untuk segera memikirkan langkah-langkah komprehensif terukur untuk merealisasikan investasi di bidang hilirisasi,” kata Bahlil dalam Kuliah Umum di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Sumedang, Jawa Barat, Kamis.

Bahlil mengatakan penciptaan nilai tambah penting untuk meningkatkan pendapatan negara. Sebelum dilakukannya hilirisasi, ekspor nikel pada 2017 hanya mencapai 3,3 miliar dolar AS.

Sementara pada 2023 atau setelah hilirisasi diberlakukan, angkanya meningkat signifikan menjadi 33,8 miliar dolar AS. Angka tersebut hanya berasal dari satu sampai dua turunan nikel, belum termasuk Electric Vehicle (EV) baterai dan mobil listrik.

“Pada tahun 2023 nilai ekspor kita dari hasil hilirisasi nikel mencapai 33,8 miliar dolar AS. Naik 10 kali hanya dalam waktu empat sampai lima tahun,” kata dia.

Baca juga: Bahlil: Perpanjangan izin Freeport terbit sebelum Jokowi selesai

Baca juga: Bahlil yakin Indonesia bisa jadi pemain ekosistem baterai EV


Lebih lanjut, dia mengungkapkan, pihaknya telah membuat desain untuk hilirisasi baik di sektor minyak dan gas, mineral dan batubara, perkebunan, perikanan, kehutanan dan pertanian.

“Kita menciptakan nilai tambah di sini, supaya menciptakan lapangan kerja. Kalau lapangan kerja tercipta, hilirisasi terbangun, pendapatan negara naik, upah naik, gaji pegawai negeri juga naik,” katanya.

Oleh karena itu, Bahlil mengatakan, pihaknya telah mendorong untuk setiap investasi yang masuk ke daerah, wajib berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha dan UMKM-UMKM di daerah.

“Orang daerah harus menjadi tuan di negeri sendiri, jangan jadi penonton. Tugas nanti praja-praja yang baru selesai pulang jadi pegawai daerah, tolong tuntun teman-teman yang baru selesai sekolah untuk menjadi pengusaha supaya mereka bisa membangun daerah dan ekonominya bisa dikuasai sendiri,” kata Bahlil.

Sementara itu Rektor IPDN Prof. Hadi Prabowo mengungkapkan hilirisasi merupakan proses transformasi ekonomi berkelanjutan yang mendasarkan pada komoditas bernilai tambah tinggi guna memasuki struktur ekonomi yang lebih kompleks.

“Hilirisasi diharapkan bisa meningkatkan produktivitas, nilai tambah, sehingga kita bisa mampu meningkatkan nilai rantai pasok industri kemudian kita bisa melindungi komoditas kita dari gejolak harga kemudian kita bisa mencapai puncak pohon industri dan tentu mendukung kekuatan ekonomi dalam negeri,” kata Hadi.

Baca juga: Bahlil: Smelter tembaga PTFI di Gresik perkuat ekosistem baterai EV

Baca juga: Bahlil minta APJI dukung program Presiden terpilih soal makan bergizi


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024