Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan di Facebook menampilkan tangkapan layar media yang menarasikan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anthony Blinken menyebut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bodoh dan sibuk urus Palestina hingga tidak tahu databasenya diretas. 

Berikut narasi dalam tangkapan layar tersebut:

“Menteri Amerika klaim: Kominfo Indonesia sangat bodoh, Database Negaranya dihacker tidak tau, karena terlalu sibuk ngurus Palestina”

Namun, benarkah Menteri Amerika sebut Kominfo Indonesia bodoh dan sibuk urus Palestina? 

 

Unggahan yang menarasikan Menteri Amerika sebut Kominfo Indonesia bodoh. Faktanya, tidak ada pernyataan resmi Blinken yang menyatakan hal tersebut. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, ANTARA mencari unggahan yang disertakan dalam tangkapan layar video tersebut. ANTARA tidak menemukan artikel dengan judul tersebut dan juga unggahan artikel pada Selasa, 2 Juli 2024 pukul 07:34.

Menteri Amerika yang disebut dalam unggahan tersebut merupakan Anthony Blinken, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat. Foto tersebut merupakan saat Blinken berbicara pada peluncuran "Strategi AS tentang Keamanan Ekonomi Perempuan Global" yang pertama, di Ruang Benjamin Franklin Departemen Luar Negeri di Washington, DC pada 4 Januari 2023, dilansir dari Getty Image.

Selain itu, tidak ada pernyataan resmi Blinken terkait ransomeware yang sempat dialami di Indonesia.

Klaim: Menteri Amerika sebut Kominfo Indonesia sibuk urus Palestina. 

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Foto situasi di AS akibat resesi

Cek fakta: Hoaks! Presiden AS jemput PM Singapura, tapi Presiden Jokowi hanya dijemput Dubes Indonesia

Baca juga: Blinken dan Stoltenberg bahas 'jembatan' keanggotaan NATO bagi Ukraina

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024