Pemerintah melalui KLHK juga melakukan beragam tindakan penyelamatan termasuk translokasi, rehabilitasi dan pelepasliaran satwa
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus memperkuat upaya menjaga kelestarian satwa liar endemik Indonesia salah satunya melalui kebijakan penghentian pemberian izin baru untuk kawasan hutan.

Dalam tayangan Indonesia Green TV KLHK yang dipantau daring dari Jakarta, Kamis, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik (KKHSG) KLHK Nunu Anugrah mengatakan banyak tindakan korektif sudah dilakukan pemerintah berkolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait konservasi satwa dalam 10 tahun terakhir .

"Yang pertama kebijakan penghentian konversi hutan primer, hutan gambut melalui kebijakan peta indikatif penghentian pemberian izin baru (PIPPIB) ini sangat mendukung upaya-upaya konservasi bagaimana tumbuhan satwa liar mempunyai ruang hidup," jelas Nunu Anugrah.

Selain itu, jelasnya, pemerintah melalui KLHK juga melakukan beragam tindakan penyelamatan termasuk translokasi, rehabilitasi dan pelepasliaran satwa. Tidak hanya itu, dilakukan pula kegiatan pembinaan habitat dan populasi di kawasan konservasi dan wilayah di luarnya.

Baca juga: 30 satwa dilindungi dilepas di Suaka Alam Gunung Sahuwai
Baca juga: KLHK: Konservasi ekoregion perlu data mengenai perilaku manusia


"Penanggulangan konflik juga dilakukan, penguatan kebijakan regulasi juga dilakukan, pengembangan best practices dalam upaya konservasi spesies," tuturnya.

Dia juga menjelaskan pemerintah memiliki program Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 yang mengusung aspek konservasi untuk mendukung terjaganya keanekaragaman hayati di Tanah Air.

Terus didorong juga program pengembangbiakan baik yang dilakukan di unit penangkaran maupun lembaga konservasi untuk mendukung penambahan populasi yang terkontrol.

"Kita juga melakukan pendekatan teknologi sehingga bagi spesies-spesies yang memang punya kendala daya reproduksi rendah dan di alam susah ketemu, kita juga punya pendekatan assisted reproductive technolog atau teknologi berbantu dan biobanking," katanya.

Nunu mengatakan salah satu satwa terancam punah yang menjadi fokus program biobank adalah badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) yang saat ini terus berlangsung.

Baca juga: KLHK ambil langkah tegas cegah biodiversitas dicuri peneliti asing
Baca juga: KLHK intensifkan upaya tingkatkan kelahiran satwa prioritas TN Leuser


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024