Jakarta (ANTARA) - Derrick White resmi ditunjuk menggantikan Kawhi Leonard dalam timnas basket Amerika Serikat untuk Olimpiade Paris 2024 setelah Leonard mundur akibat cedera lutut yang terus mengganggu performanya.

White, yang bermain untuk Boston Celtics dan mengantarkan timnya juara NBA musim lalu, menunjukkan performa impresif dengan rata-rata 15,2 poin dan 5,2 assist per pertandingan. 

Kehadirannya bisa memperkuat skuad Amerika Serikat dalam perjuangan meraih medali emas di Paris.

Leonardg bermain untuk Los Angeles Clippers telah melewatkan 12 dari 14 pertandingan terakhir timnya musim lalu karena peradangan lutut kanan. 

Keputusan tidak memasukkan Leonard dibuat bersama oleh USA Basketball dan Los Angeles Clippers.

Baca juga: Jadwal Olimpiade Paris 2024, catat tanggalnya 

“Kawhi telah mempersiapkan diri untuk Olimpiade selama beberapa pekan terakhir dan menunjukkan performa yang kuat dalam latihan di Las Vegas,” tulis USA Basketball dalam laman NBA.

“Namun, dia menghormati keputusan USA Basketball dan Clippers yang menilai lebih baik baginya untuk fokus menghadapi musim mendatang daripada berpartisipasi dalam Olimpiade Paris.”

Leonard yang sudah dua kali menjuarai NBA, enam kali terpilih sebagai NBA All-Star, dan enam kali All-NBA, sering mengalami cedera.

Selama tujuh tahun terakhir, dia melewatkan 256 pertandingan musim reguler, termasuk seluruh musim 2021-2022 karena masalah lutut. 

Musim lalu, Leonard tampil dalam 68 pertandingan untuk Clippers, jumlah terbanyak sejak musim 2016-2017 saat ia bermain untuk San Antonio Spurs.

Baca juga: Australia kirim 460 atlet ke Olimpiade Paris

“Saya mencoba yang terbaik sebisa ya, tapi inilah  perjalanan saya. Saya harus menerima kenyataan ini,” kata Leonard.

Sebelumnya dia menyatakan lututnya sudah membaik dan sudah mulai berlatih kembali di lapangan sekitar tiga pekan lalu untuk mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade. 

Namun, beberapa hari sebelum pertandingan esibisi pertama Amerika Serikat melawan Kanada dan sehari sebelum tim berangkat ke Abu Dhabi untuk melanjutkan persiapan, Leonard memutuskan mundur.

Keputusan ini membuat Amerika Serikat hanya memiliki 10 pemain untuk dimainkan. Pemain Phoenix Suns Kevin Durant juga tidak bisa bermain melawan Kanada karena cedera betis dan absen dalam pemusatan latihan selama empat hari.

Timnas basket AS akan memainkan lima pertandingan eksibisi di Las Vegas, London, dan Abu Dhabi sebelum Olimpiade Paris dimulai pada 26 Juli.

Baca juga: Bronny James teken kontrak empat tahun dengan Lakers

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024