Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat bertemu
​​​​​​ratusan organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk membahas pembangunan, keamanan dan ketertiban wilayah.
 
"Hari ini ormas kita kumpulkan, kurang lebih di Jakarta Pusat ada 200 ormas," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Chaidir di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus), Kamis.

Dia menjelaskan bahwa pertemuan ini berkaitan dengan pembinaan kepada ormas dalam rangka menunjang kolaborasi antarormas dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakpus untuk menjaga kebersamaan dalam pembangunan.
 
Menurut Chaidir, sinergi antara ormas dan Pemkot Jakpus ini menjadi bagian dari satu kesatuan karena pemerintah tidak lepas dari unsur ormas yang menampung aspirasi masyarakat dalam melaksanakan sekaligus menyinergikan dinamika pembangunan kota.
 
"Ormas itu kita bina untuk menjalin kerja sama antara pemerintah dengan masyarakat, untuk membangun sinergi dalam wadah pembangunan kota sendiri," ujar Chaidir
 
Adapun mengenai penugasan khusus ormas, kata Chaidir, sebagai corong atau ujung tombak untuk memberikan informasi-informasi pemerintahan yang berkaitan dengan peningkatan peran serta masyarakat.
  Baca juga: Jakpus gelar rakor mitra lokal dengan ormas asing terkait Pemilu
 
Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Chaidir memberikan sambutan dalam kegiatan pengarahan bertema "Peningkatan Peran Organisasi Kemasyarakatan dalam Pembangunan di Jakarta Pusat Tahun 2024" di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2024). (ANTARA/Siti Nurhaliza)
Hal ini menyangkut unsur kerja sama seperti kerja bakti, menjaga keamanan lingkungan, menjaga ketertiban wilayah dan mendukung pembangunan Jakpus yang lebih baik.
 
Chaidir menjelaskan, pengumpulan ormas di Kantor Wali Kota Jakpus ini untuk menekankan pentingnya menyalurkan kegiatan sebagaimana kepentingan organisasi dan banyak orang, memantapkan fungsi dan tugas ormas, memenuhi pelayanan sosial serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
 
Jika aturan dan tugas ormas itu dipahami dengan baik sebagaimana undang-undang yang berlaku, maka tidak akan ada lagi ormas yang bertindak anarkis ataupun bersikap merusak saat unjuk rasa.
 
Chaidir berharap hal ini menjadi komitmen 
Pemkot Jakpus terhadap kewaspadaan keamanan dan kesepakatan pentingnya berkolaborasi sebagaimana nilai-nilai Pancasila. "Sehingga dengan memperkuat kerja sama yang sudah terjalin ini mampu menciptakan kedamaian dalam setiap permasalahan di Jakarta Pusat," katanya.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024