Pak Wali Kota sudah menginstruksikan untuk membangun dapur umum, agar pemerintah segera menyalurkan makanan siap saji bagi warga terdampak banjir
Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo mulai membangun dapur umum untuk menyiapkan makanan siap saji bagi warga terdampak banjir.

"Pak Wali Kota sudah menginstruksikan untuk membangun dapur umum, agar pemerintah segera menyalurkan makanan siap saji bagi warga terdampak banjir," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gorontalo Mahmud Baderan di Gorontalo, Kamis.

Lokasi dapur umur disiapkan berdekatan dengan Kantor Wali Kota untuk memudahkan koordinasi dan pendistribusian makanan siap saji.

Pihaknya memperkirakan 1.659 Kepala Keluarga (KK) atau mencapai 12.487 jiwa  terdampak banjir yang menggenangi hampir seluruh wilayah Kota Gorontalo.

Baca juga: Banjir Kota Gorontalo meluas, genangi enam kecamatan

"Jumlah ini kemungkinan besar masih akan bertambah menunggu update data terkini," katanya.

Bantuan makanan siap saji segera disalurkan dan akan dikoordinasikan dengan seluruh lurah untuk memudahkan penyaluran.

"Kami berharap setiap lurah dapat segera melaporkan kondisi wilayahnya masing-masing, serta menyampaikan data jumlah warga terdampak," kata Mahmud.

Baca juga: Banjir bandang terjang Tenilo Kota Gorontalo

Pihaknya mengimbau kepada seluruh warga di lokasi-lokasi terdampak banjir dengan ketinggian air ekstrem agar tidak berdiam diri di dalam rumah guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Banjir di Kota Gorontalo menggenangi enam kecamatan dari sembilan kecamatan yang ada. Banjir terparah terjadi di Kecamatan Dumbo Raya dan Kota Barat dengan ketinggian air di atas 50 sentimeter.

"Beberapa wilayah juga telah terdampak banjir sejak Selasa (9/7) seperti di Kelurahan Bugis, Leato, dan Kota Barat itu ada di Lekobalo. Juga Kelurahan Tenilo, Moodu, dan Botu," kata Mahmud.

Baca juga: Lapas Kota Gorontalo terendam banjir

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024