Huarong, China (ANTARA) - Saat ketinggian air di stasiun hidrologi Yueyang turun di bawah 32,5 meter dan terus surut pada Rabu (10/7) pagi, pihak berwenang setempat mengumumkan bahwa ketinggian air di seluruh cekungan Danau Dongting telah turun di bawah batas peringatan.

Danau Dongting merupakan danau air tawar terbesar kedua di China.

Sejak pertengahan Juni, Provinsi Hunan di China tengah dilanda curah hujan tinggi, yang mengakibatkan volume air Danau Dongting meningkat drastis, dan secara signifikan meningkatkan tekanan pengendalian banjir, menurut pusat survei hidrologi dan sumber daya air Provinsi Hunan.

Petugas penyelamat berhasil menutup lubang selebar 226 meter di tanggul Danau Dongting pada Senin (8/7) malam waktu setempat. Jebolnya tanggul yang dipicu curah hujan tinggi ini telah memaksa lebih dari 7.000 penduduk dievakuasi sejak jebolnya tanggul tersebut pada Jumat (5/7) pekan lalu.

Sejumlah pakar memperingatkan bahwa meskipun permukaan air di wilayah tersebut telah surut, kewaspadaan terhadap banjir masih diperlukan, mengingat periode banjir yang berkepanjangan dan masalah stabilitas baru-baru ini terkait kondisi tanggul yang mengelilingi Danau Dongting.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024