Jakarta (ANTARA) -
Di Indonesia terdapat sesar-sesar aktif yang berpotensi menyebabkan bencana gempa bumi. Sesar aktif merujuk pada patahan dalam lapisan bumi yang terus mengalami pergerakan secara masif dari waktu ke waktu.

Menurut berbagai sumber, Indonesia memiliki setidaknya 8 sesar aktif yang tersebar dari Pulau Sumatera hingga Pulau Papua.
 
Keberadaan sesar-sesar ini menjadi faktor utama yang membuat setiap wilayah di Indonesia rentan terhadap gempa bumi.
 
Meskipun keberadaan sesar ini tidak sepenuhnya menjadi faktor penentu terjadinya gempa.
 
Mengingat di Indonesia negara yang menjadi potensi mengalami gempa vulkanik, akibat aktivitas gunung api, serta gempa bumi yang disebabkan oleh pergerakan lempeng dari daerah lain di luar Indonesia.
 
Hal ini lantaran, Indonesia terletak di Cincin Api Pasifik, area di sekitar Samudra Pasifik yang dikenal dengan aktivitas seismik tinggi dalam bencana gempa bumi.

Di Indonesia, terdapat banyak sekali sesar aktif yang tersebar di berbagai wilayah. Secara umum, terdapat 8 sebaran sesar aktif utama yang dikenal di Indonesia, diantaranya:
 
1. Sesar Semangko
Terletak di pesisir barat Sumatera, berpotensi memicu gempa bumi besar dan tsunami. Panjang sesar ini sekitar 1.900 km dan memiliki slip rate 5 mm/tahun.
 
2. Sesar Lembang
Berada di Jawa Barat, sering kali menjadi penyebab gempa bumi di Pulau Jawa, dengan memiliki slip rate sesar Lembang mencapai 1,5 mm/tahun.
 
3. Sesar Palu Koro
Terletak di Sulawesi Tengah, dikenal karena aktivitas seismiknya yang tinggi dan menyebabkan gempa besar di wilayah Palu pada tahun 2018. Sesar Palu Koro mempunyai slip rate sebesar 30 mm sampai 44 mm/tahun.
 
4. Sesar Flores
Berada di pesisir timur Pulau Flores, sering kali berhubungan dengan aktivitas gempa bumi di wilayah tersebut. Dengan slip rate 50-70 mm/tahun.
 
5. Sesar Sorong
Terletak di Papua Barat, merupakan bagian dari zona subduksi di timur Indonesia, dengan memiliki slip rate sebesar 8,5 mm/tahun.
 
6. Sesar Mentawai
Terletak di sepanjang Kepulauan Mentawai, sering kali berhubungan dengan aktivitas seismik di wilayah tersebut. Dengan diketahui memiliki slip rate 14 mm sampai 15 mm/tahun.
 
7. Sesar Matano
Terletak di Sulawesi Selatan, memiliki potensi aktivitas seismik yang besar, dengan slip rate berkisar antara 4-32 mm/tahun.
 
8. Sesar Kambing
Sesar Kambing terletak di Pulau Kambing, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, adalah sesar aktif terbaru yang dikenali di Pulau Jawa. Kecepatan pergeseran sesar ini adalah 5 mm/tahun.
 
Daftar ini mencerminkan keragaman sesar aktif di Indonesia, yang menunjukkan kompleksitas geologinya dan potensi risiko bencana gempa bumi di berbagai wilayah Indonesia ini.
 
Selain itu, masih terdapat banyak sesar aktif lainnya yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia, menunjukkan kompleksitas geologi dan tingginya potensi bencana gempa bumi.
 
Ancaman sesar aktif

Ancaman dari sesar aktif menjadi potensi terjadinya gempa bumi yang sangat kuat. Penting untuk melakukan pemetaan lokasi sesar aktif untuk memahami sejarah aktivitasnya dan besar pergeserannya.
 
Sesar aktif juga berpotensi memicu tsunami jika terjadi pergerakan besar di dasar laut, yang dapat mengakibatkan dampak yang luas di wilayah pesisir.

Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang lokasi, aktivitas, dan karakteristik sesar aktif sangat penting untuk upaya mitigasi bencana yang efektif

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024