Pertumbuhan ormas yang cukup besar ini seharusnya dibarengi peningkatan wawasan sehingga bisa ikut mendukung pembangunan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu melibatkan peran organisasi masyarakat  untuk mendukung program pembangunan agar tercapai sesuai target.

"Pertumbuhan ormas yang cukup besar ini seharusnya dibarengi peningkatan wawasan sehingga bisa ikut mendukung pembangunan," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Kepulauan Seribu, Alawi saat membuka Penyuluhan Peningkatan Peran Ormas Dalam Pembangunan di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan  organisasi seperti Karang Taruna, FKDM, DP Ansor, Pemuda Pancasila, KNPI, dan Keagamaan serta yang lainnya diharapkan dapat berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Alawi mengajak ormas untuk bekerja sama meningkatkan pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Sub Kelompok Kewaspadaan Kesbangpol Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Lydiana mengatakan kegiatan ini diikuti seluruh komponen ormas dari Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Panggang, dan Pulau Tidung.

Menurut dia kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran ormas dalam pembangunan dan menjaga keberlangsungan hidup suatu organisasi.

Selain itu, pemerintah juga berupaya untuk mengoptimalkan peran fungsi ormas sebagai mitra pemerintah dalam mendukung penyelenggaraan pemerintah dan peningkatan kualitas sumber daya manusia ormas secara optimal.

"Sehingga mampu mengembangkan dan memberdayakan potensi-potensi yang dimiliki ormas agar dapat lebih mengambil peran khususnya dalam pembangunan di Kabupaten Kepulauan Seribu," katanya.

Ia menambahkan kegiatan ini digelar sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 58 Tahun 2017 tentang kerja sama Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah dengan Ormas dan Badan atau Lembaga dalam Bidang Politik dan Pemerintahan Umum.

“Kami melibatkan 80 peserta yang tergabung dalam Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di wilayah Kepulauan Seribu mengikuti penyuluhan,” kata dia.
Baca juga: Kepulauan Seribu latih puluhan warga olah hasil perikanan
Baca juga: Kepulauan Seribu siapkan Pulau Tidung Kecil sebagai lumbung pangan
Baca juga: DKI kemarin, perkembangan PPDB 2024 hingga kebakaran di Tambora


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024