Jakarta (ANTARA) - Luka bakar dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit dan gejalanya bervariasi tergantung pada tingkat kedalamannya pada jaringan kulit.

Untungnya, terdapat beberapa obat yang efektif untuk mengobati luka bakar ringan hingga sedang. Lantas, apa aja obatnya? Baca ulasannya di bawah ini:

1.Hansaplast salep luka 20 G

Obat pertama yang direkomendasikan untuk luka bakar adalah Hansaplast Salep Luka.

Formulasinya mengandung white petrolatum, thin paraffin oil, ceresin wax, glycerin, panthenol, dan glyceryl stearate. Bahan-bahan ini efektif dalam mempercepat penyembuhan luka, mengurangi risiko bekas luka, dan meredakan kulit yang rusak seperti pada kasus kulit kering dan pecah-pecah.

Penggunaannya disarankan dua kali sehari langsung di area luka, kemudian ditutup dengan plester.
(Kisaran Harga Rp50.400 per tube)

2.Bioplacenton Gel 15 G

Bioplacenton Gel direkomendasikan sebagai pengobatan untuk luka bakar melepuh. Kandungannya mencakup ekstrak plasenta dan Neomycin sulfate yang efektif untuk berbagai jenis luka, termasuk luka bakar.

Komponen alami dalam gel ini dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru dan juga melindungi dari infeksi bakteri negatif di area luka.

Dosis yang disarankan adalah 4–6 kali sehari atau sesuai kebutuhan.
(Kisaran harga Rp36.300 – Rp37.600 per tube)

3.Betadine 10% salep 10 G

Dengan kandungan 10 persen Povidone Iodine, salep ini merupakan obat luka bakar yang memiliki khasiat mampu membunuh kuman penyebab infeksi pada luka bakar atau luka kecil lainnya.
Dosis penggunaan 1–2 kali sehari ke seluruh permukaan luka.
(kisaran harga Rp29.600 per tube)

4.Burnazin plus cream 25 G

​​​​​​​Burnazin Plus Cream adalah obat luka bakar yang mengandung asam hialuronat dan perak sulfadiazin, berfungsi agar luka cepat kering.

Kombinasi ini berfungsi untuk menghidrasi kulit dan membersihkan area yang terkena dari mikroba berbahaya. Dosis penggunaan 1–2 kali sehari, oleskan tipis-tipis pada luka.
(Kisaran harga Rp140.800 per tube)

5.Tigalin salep 10 G

Obat ini secara efektif dapat digunakan untuk impetigo, pencegahan infeksi pada luka iris ringan, luka gores, dan luka bakar.

Cara penggunaan obat ini, Anda cukup oleskan pada bagian kulit yang terluka sebanyak 2-3 kali sehari.

Salep ini termasuk obat keras, jadi pastikan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya.

(kisaran harga Rp32.000 – Rp32.400 per tube)

Jika luka bakar tidak menunjukkan tanda-tanda penyembuhan selama dua minggu, segera konsultasikan dengan dokter. Pertimbangkan juga untuk mencari bantuan medis jika luka bakar sangat menyakitkan atau terjadi di area seperti wajah, telapak tangan, atau organ intim.

Baca juga: Satu keluarga di Trenggalek alami luka bakar akibat elpiji bocor

Baca juga: Penanganan luka terbuka tak usah tergantung obat, kata dokter

Baca juga: Guru Besar: Belut dapat jadi suplemen kesehatan dan obat luka

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024