Jakarta (ANTARA) - Ajang lari Run to Care 2024 yang diinisiasi oleh lembaga SOS Children’s Villages Indonesia menggabungkan ultramarathon dengan kegiatan amal untuk anak-anak, siap bergulir pada 9-11 Agustus.

National Director SOS Children’s Villages Indonesia Gregor Hadi Nitihardjo mengatakan, kegiatan yang kini memasuki edisi kesembilan itu kali ini akan mengajak para pelari untuk menyusuri Bandung-Lembang di Jawa Barat dengan jarak tempuh hingga 150 km.

“Ini adalah event yang tiap tahun kami tunggu-tunggu, dan juga membuat anak-anak yang nanti akan dikunjungi oleh para pelari merasa excited,” kata Hadi dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

“Melalui lari, harapannya kita dapat menyentuh orang-orang sembari menyampaikan pesan terkait hak-hak anak dan tema ‘Dimulai dari Keluarga’. Ada misi kemanusiaan yang dibawa serta fundraising campaign,” ujarnya menambahkan.

PR and Communication Manager FDC SOS Children’s Villages Indonesia Astridinar Vania melanjutkan, edisi kesembilan dari Run to Care ini akan dimulai dari Museum Pos Indonesia, Bandung, dan finis di SOS Village Lembang.

“Jarak tempuh dari Run to Care 2024 adalah sepanjang 150 km dengan 10 water station point dan dua check point,” kata Astridinar.

Baca juga: BTN: Jakim 2024 bentuk dukungan BTN untuk promosikan "sport tourism"

Lebih lanjut, terdapat tiga kategori pada Run to Care 2024 Bandung-Lembang, yakni Individual 150 km, Individual 100 km, dan Team Relay 50 km.

Sejumlah pelari lokal di antaranya Hendra Siswanto, Erry Permana, Ivo Chumainiah, dan Sianti Candra mengaku bersemangat untuk kembali berpartisipasi pada ajang ini.

“Aku merasa bahwa adanya charity di Run to Care ini membuat arti lari menjadi lebih besar. Ini juga menjadi tempat personal buat aku untuk giving back to society,” kata Sianti.

“Dengan aku yang juga sudah terbiasa untuk berlari juga, berlari untuk charity seperti ini juga menambah kesabaran dan membuat aku lebih dewasa, karena ultramarathon sendiri cukup berat,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, pendaftaran Run To Care 2024 untuk acara luring telah ditutup pada 10 Juni melalui laman runtocare.com dan telah mencapai 308 pendaftar.

Lebih lanjut, untuk pendaftaran Run To Care 2024 Virtual pendaftaran dibuka hingga 31 Juli dengan mengunduh aplikasi 99 Virtual Race di App Store atau Play Store.

Periode lari virtual dimulai pada 1 Juli dan akan ditutup bersamaan dengan lari luring Semarang-Yogyakarta pada 21 Agustus.

Baca juga: UI Ultra Marathon 2023 hadirkan kategori lari baru untuk alumni & umum

Baca juga: Women Half Marathon Jakarta siap rayakan pemberdayaan perempuan


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024