Jakarta (ANTARA) - Layanan berlangganan gim Xbox Game Pass akan naik harga terhitung mulai 10 Juli 2024 bagi pelanggan baru dan 12 September bagi pemain yang sebelumnya sudah berlangganan.

Dilansir dari Engadget pada Rabu, harga paket Game Pass Ultimate khusus di wilayah Amerika Serikat naik dari 17 dolar AS per bulan menjadi 20 dolar AS per bulan. Sedangkan paket berlangganan tahunan Game Pass Core naik dari 60 dolar AS menjadi 75 dolar AS.

Sementara itu, di Indonesia paket berlangganan PC Game Pass naik harga dari yang semula Rp49.999 per bulan menjadi Rp64.999 per bulan.

Baca juga: Bos Playstation sebut Xbox Game Pass "perusak harga"

Sebagai alternatif, Xbox memperkenalkan paket berlangganan yang lebih murah yakni Xbox Game Pass Standard yang berisi katalog gim yang tersedia di Game pass namun tidak mendapatkan perilisan hari pertama dari gim-gim terbaru serta tidak bisa mengakses fitur Xbox Cloud Gaming.

Dua fitur tersebut nantinya bisa didapatkan pemain dengan membeli paket berlangganan Game Pass Ultimate.

Di paket berlangganan Xbox Game Pass Standard pemain masih bisa mendapatkan fitur online multiplayer, menerima potongan harga, dan fitur-fitur lain yang tersedia di paket Xbox Game Pass Core. Paket Xbox Game Pass Standard dibanderol seharga 15 dolar AS per bulan khusus wilayah Amerika Serikat.

Baca juga: PC Game Pass Microsoft resmi meluncur di Indonesia

Pembaruan terakhir yang dihadirkan pada layanan Xbox Game Pass ini adalah paket Xbox Game Pass for Console tidak akan tersedia untuk pelanggan baru.

Diketahui, pada bulan Februari 2024, Xbox Game Pass telah memiliki 34 juta pelanggan. Pertumbuhan pelanggan layanan ini tercatat melambat di mana hanya terdapat 9 juta pelanggan baru dalam dua tahun terakhir.

Baca juga: Microsoft hadirkan pratinjau "PC Game Pass" di 5 negara Asia Tenggara

Baca juga: Xbox Game Pass tembus 18 juta pelanggan

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024