"Kami sangat menghargai hubungan baik yang telah terjalin antara Angkatan Darat Indonesia dan Filipina. Pertemuan ini menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama kita di masa mendatang,"
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak membahas kerja sama di bidang pertahanan militer dengan Angkatan Darat Filipina.

Hal tersebut dibahas Maruli setelah menyambut Commanding General of The Philipines Army (KSAD Filipina) Lieutenant General Roy Galido ke Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD) di Jakarta Pusat, Rabu.

"Kami sangat menghargai hubungan baik yang telah terjalin antara Angkatan Darat Indonesia dan Filipina. Pertemuan ini menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama kita di masa mendatang," ujar Jenderal Maruli dalam siaran pers resmi TNI AD yang diterima ANTARA, Rabu.

Menurut Maruli, kerja sama militer dengan semasa negara Asean ini perlu dilakukan guna meningkatkan kualitas prajurit dalam mempertahankan kedaulatan negara.

Lebih lanjut, kerja sama militer yang mungkin akan dilakukan ke dua belah pihak diantaranya latihan operasi bersama, pertukaran ilmu tentang alat utama sistem senjata (alutsista) hingga peraturan tentara prajurit dalam program pendidikan militer.

Tidak hanya itu, Maruli menjelaskan kerja sama di bidang militer ini juga berguna untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Filipina serta membangun sinergitas dalam memperkuat ketahanan asia tenggara.

Dengan adanya kunjungan itu, Maruli berharap pertahanan angkatan darat ke dua negara semakin kuat serta hubungan bilateral pun bisa terjalin dengan harmonis.

Harapan yang sama rupanya juga diucapkan Lieutenant General Roy Galido dalam kunjungan tersebut.

"Kami (Angkatan Darat Filipina) berharap, dapat meningkatkan kerja sama (dengan Angkatan Darat Indonesia) di berbagai bidang. Termasuk latihan militer bersama dan pertukaran personel untuk meningkatkan profesionalisme personel Angkatan Darat kedua negara," kata Roy.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024