Seluruh WNI yang tinggal di sekitar Paris akan datang untuk memberikan dukungan terbaik di setiap pertandingan yang ada atlet Indonesia
Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, menyebut warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di sekitar Kota Paris, Prancis, akan mendukung langsung perjuangan para atlet dalam Olimpiade Paris 2024, pada 26 Juli sampai 11 Agustus mendatang.
 
Ia membeberkan, beberapa waktu lalu dirinya mendapatkan informasi bahwa para WNI akan berbondong-bondong untuk menyaksikan langsung perjuangan 29 pahlawan olahraga itu.
 
"Saya mendapatkan kabar, seluruh WNI yang tinggal di sekitar Paris akan datang untuk memberikan dukungan terbaik di setiap pertandingan yang ada atlet Indonesia di dalamnya," kata Raja saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Pengukuhan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di Auditorium Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, seluruh elemen masyarakat di dalam negeri juga seharusnya mendukung dengan penuh semangat melalui doa, sehingga para atlet bisa mendapatkan energi tambahan dari dukungan itu.
 
Ia mengungkapkan, sebelum berangkat ke Paris, para atlet tersebut juga sudah melalui fase yang cukup berat dengan berhasil menyisihkan para pesaing dari berbagai negara dalam kualifikasi, guna bisa tampil di Olimpiade.

Baca juga: Ketum KOI sebut atlet yang ikut Olimpiade adalah penjaga Merah Putih
 
"Dari sekian miliar lebih manusia di bumi, hanya 10.672 atlet yang berhasil lolos Olimpiade dan 29 di antaranya berasal dari Indonesia. Dan mereka akan bertanding di antara total 329 nomor dari 32 cabang olahraga," ujar dia.
 
Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia sudah sepatutnya bangga dengan pencapaian itu, serta mendukung perjuangan mereka.
 
Jumlah atlet yang berangkat dalam edisi Olimpiade kali ini merupakan terbanyak bagi Indonesia dalam 20 tahun terakhir atau terbanyak kedua setelah Olimpiade Athena 2004 dengan total 38 atlet.
Pebulu tangkis andalan Indonesia, Jonatan Christie, memberi hormat kepada bendera Merah Putih, dalam kegiatan Upacara Pengukuhan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di Auditorium Kemenpora, Jakarta, Rabu (10/7/2024). ANTARA/Donny Aditra
Baca juga: Menpora mengukuhkan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024

Total 29 atlet yang berangkat ke Paris, Prancis, terbagi dari 12 cabang olahraga, di antaranya bulu tangkis, panjat tebing, angkat besi, akuatik, senam, dan judo.
 
Sebanyak 29 atlet itu, terdiri dari 16 atlet putra dan 13 atlet putri terbaik yang telah berjuang selama proses Kualifikasi Olimpiade yang lalu. Sedangkan total keseluruhan dalam kontingen berjumlah 86 orang yang terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial masing-masing cabang olahraga.
 
Kontingen Indonesia akan berangkat pada 13 Juli mendatang. Namun, khusus olahraga renang, dua atletnya akan berangkat pada 22 Juli.
 
Sebelum berlaga di Olimpiade, sebagian atlet juga akan mengikuti pemusatan latihan nasional (TC) di luar negeri.

Baca juga: Presiden lepas atlet Olimpiade Paris Rabu pekan ini

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024