PT Sang Hyang Seri dan Perum Bulog berkomitmen untuk meningkatkan hasil panen para petani
Jakarta (ANTARA) - PT Sang Hyang Seri, anggota BUMN Klaster Pangan ID FOOD dan Perum Bulog menjalin kerja sama sebagai komitmen dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani dalam negeri.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Direktur Utama PT Sang Hyang Seri Adhi Cahyono Nugroho bersama Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi.

"Dalam kerjasama ini, terdapat beberapa lingkup utama yang akan menjadi empat fokus yaitu pertama, peningkatan produktivitas hasil panen. Melalui kegiatan budidaya yang lebih intensif dan berbasis teknologi, PT Sang Hyang Seri dan Perum Bulog berkomitmen untuk meningkatkan hasil panen para petani," kata Direktur Utama PT Sang Hyang Seri Adhi Cahyono Nugroho dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, inisiatif itu diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap ketahanan pangan nasional.

Kedua, penyediaan sarana produksi bagi petani, dimana PT Sang Hyang Seri akan menyediakan berbagai sarana produksi seperti benih unggul, pupuk, dan pestisida yang berkualitas untuk mendukung kegiatan budidaya para petani.

Langkah itu diambil untuk memastikan para petani memiliki akses ke sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan hasil pertanian.

Ketiga, pendampingan budidaya, dimana PT Sang Hyang Seri dan Perum Bulog akan bekerja sama dalam memberikan pendampingan teknis kepada petani.

"Pendampingan ini mencakup pelatihan dan konsultasi mengenai teknik budidaya yang efektif dan efisien, guna mengoptimalkan produktivitas pertanian," jelas Adhi.

Keempat, kerja sama dalam pelaksanaan kegiatan offtake hasil panen. Perum Bulog akan memastikan adanya penyerapan hasil panen petani dengan harga yang wajar dan kompetitif.

"Hal ini bertujuan untuk memberikan kepastian pasar bagi petani dan mendorong peningkatan produksi pertanian," ujar Adhi.

Menurut Adhi, kerja sama bersama Perum Bulog akan mampu membantu pemerintah dalam upaya peningkatan ketahanan pangan nasional dan peningkatan kesejahteraan petani.

“Kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam upaya kami untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Kami percaya bahwa dengan kolaborasi yang erat dengan Perum Bulog, kami dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesejahteraan petani dan masyarakat luas," Ujar Adhi.

Sementara itu Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengatakan dengan menggandeng PT Sang Hyang Seri, pihaknya dapat memberikan banyak manfaat khususnya dalam peningkatan ketahanan pangan melalui serap gabah nasional.

“Kemitraan ini akan memberikan banyak manfaat bagi petani Indonesia. Dengan dukungan dari PT Sang Hyang Seri, kami optimis dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian, serta memastikan penyerapan hasil panen yang adil dan merata," kata Bayu.

Bayu berharap kerja sama tersebut dapat menciptakan sinergi yang kuat dalam mendukung sektor pertanian Indonesia, meningkatkan kesejahteraan petani, dan memperkuat ketahanan pangan nasional.


Baca juga: Bapanas dan Sang Hyang Seri membangun budi daya pertanian bibit unggul
Baca juga: Dirut PT Sang Hyang Seri inspeksi produksi benih padi di Solo
Baca juga: Pemkab Subang gandeng Sang Hyang Seri tingkatkan produksi padi


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024