Kami menekankan para pengembang mengenai masalah standar bangunan. Standar bangunan ini harus menjadi jaminan,
Batang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah minta para pengembang perumahan agar menjaga standar kualitas bangunan sebagai upaya memberikan jaminan keselamatan kep
pada penghuni rumah saat terjadi bencana.

"Kami menekankan para pengembang mengenai masalah standar bangunan. Standar bangunan ini harus menjadi jaminan," kata Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana saat berkunjung ke rumah korban gempa di Batang, Rabu.

Pernyataan Gubernur Jateng tersebut disampaikan seusai melihat kondisi bangunan rumah milik warga terdampak gempa yang terlihat rapuh atau kualitas konstruksi bangunan yang rendah.

Baca juga: Pemerintah beri bantuan sembako & perbaikan rumah korban gempa Batang

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa pengembang perumahan perlu memiliki sertifikasi dalam hal konstruksi pada bangunan.

"Seperti yang saya lihat, tadi (konstruksi bangunan rumah warga) yang di bawah standar sehingga saat terjadi goyangan mudah rusak dan mengakibatkan penghuni terluka," katanya.

Nana Sudjana mengapresiasi  gotong royong masyarakat untuk membantu para korban yang sedang mengalami musibah.

Baca juga: Pemkab Batang catat 271 rumah dan 30 fasum rusak akibat gempa

Demikian, pula, kata dia, pengusaha yang peduli untuk membantu warga yang terdampak musibah gempa seperti Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang memberikan bantuan seperti semen untuk perbaikan rumah warga.

"Kami berharap juga pada pengusaha lain agar bisa memberikan bantuan kepada warga yang terdampak gempa bumi," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024