UMKM ini dinilai sebagai tulang punggung kedaulatan ekonomi bangsa, memiliki kontribusi pada ekonomi lokal dan nasional,
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar UMKM Award 2024 untuk memperingati Hari UMKM Internasional, sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada pelaku usaha kecil menengah di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba wirausaha pemula, wirausaha disabilitas, dan pemenang penilaian kelembagaan usaha kecil mandiri tahun ini," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Syarizal ZA saat membuka UMKM Award 2024 di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan peringatan Hari UMKM Internasional tahun ini bertema “Memanfaatkan Kekuatan dan Ketangguhan UMKM Untuk Mempercepat Pembangunan Berkelanjutan dan Mengentaskan Kemiskinan di Tengah Berbagai Krisis”.

Baca juga: Erick Thohir dorong BUMN bermitra dengan swasta dan UMKM

Pemprov Kepulauan Babel menggelar UMKM Award 2024 untuk meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM di pasar internasional.

"Izinkan saya mengajak semua pihak untuk memanfaatkan momentum peringatan Hari UMKM Internasional yang jatuh setiap 27 Juni dan peringatan Hari UMKM Nasional pada 12 Agustus, untuk mendukung para pelaku UMKM agar mampu bertahan di tengah ancaman resesi global, mampu bangkit lebih tangguh bahkan berekspansi pascapandemi, dan berani berubah untuk naik kelas," katanya.

Ia menyatakan mengutip situs PBB, UMKM menyumbang 90 persen bisnis dan 60 hingga 70 persen lapangan kerja serta 50 persen produk domestik bruto (pdb) di seluruh dunia.

"UMKM ini dinilai sebagai tulang punggung kedaulatan ekonomi bangsa, memiliki kontribusi pada ekonomi lokal dan nasional," katanya.

Selain itu UMKM juga berkontribusi untuk mempertahankan mata pencaharian masyarakat, khususnya di kalangan pekerja miskin, perempuan, pemuda, dan kelompok dalam situasi rentan.

"Meskipun UMKM masih menghadapi banyak tantangan, namun memiliki potensi untuk mengubah ekonomi, mendorong penciptaan lapangan kerja, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang adil jika diberi dukungan yang memadai," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Jatim mengajak Rumah BUMN bersinergi berdayakan UMKM

Ia mengajak seluruh stakeholder   untuk bekerja sama, mulai dari pemerintah, lembaga keuangan, hingga antarpelaku usaha bahu membahu, untuk kepentingan dan tujuan yang sama yaitu mewujudkan UMKM juara melalui kemitraan untuk memastikan rantai pasok yang layak secara ekonomi, sosial, dan lingkungan.

"Saya berharap dengan bermitra akan lebih banyak UMKM yang mampu naik kelas dan saya yakin satu langkah kecil kita ini mampu memberikan kontribusi yang besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat Kepulauan Babel dan bahkan mendukung pemulihan ekonomi nasional," katanya. 

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024