"Kami lanjutkan silaturahmi selama Sura ini sambil menyapa dan melihat kegiatan warga di sekitar dan saya senang hari ini bisa ke Pasar Burung Depok, bisa ke pasar ikan juga,"
Solo (ANTARA) - Adipati Mangkunegara X atau akrab disapa Gusti Bhre melanjutkan kegiatan 1 Sura dengan melakukan blusukan ke Pasar Depok Solo, Jawa Tengah, Rabu.

"Kami lanjutkan silaturahmi selama Sura ini sambil menyapa dan melihat kegiatan warga di sekitar dan saya senang hari ini bisa ke Pasar Burung Depok, bisa ke pasar ikan juga," katanya.

Pada pertemuan dengan para pedagang, ia banyak mendengarkan cerita dan pengalaman para pedagang selama berjualan di pasar tersebut.

Disinggung mengenai apakah kegiatan blusukannya tersebut merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat jelang Pilkada Surakarta, ia mengelaknya.

Apalagi, saat ini santer terdengar Gusti Bhre juga akan maju sebagai kandidat bakal calon Wali Kota Surakarta pada pilkada mendatang.

"Nggak, ini hanya silaturahmi saja," katanya.

Disinggung mengenai pertemuannya dengan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Solo Ardianto Kuswinarno beberapa waktu lalu, ia mengaku sempat berkomunikasi pada peringatan malam 1 Sura lalu.

"Kemarin pas Sura beliau hadir, sempat bicara sedikit. Terima kasih beliau menyempatkan waktu untuk bertemu dan diskusi," katanya.

Mengenai isi pembicaraan tersebut, ia tidak menyampaikan secara detail. Meski demikian, ia hanya menyampaikan masih akan fokus pada tugasnya saat ini sebagai penguasa Pura Mangkunegaran.

"Sementara kami fokus di kegiatan Mangkunegaran dulu," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bala Pasar Tradisional Kota Surakarta Suwarjo mengatakan pada kegiatan tersebut para pedagang mengaku senang bisa berinteraksi secara langsung dengan Mangkunegara X.

"Pasar tradisional ini berdiri bersamaan dengan Mangkunegaran, karena tanah ini dulu miliki Mangkunegaran, sama dengan Balekambang. Dengan Kanjeng Gusti ke sini kan tahu betul tanahnya dimanfaatkan masyarakat," katanya.

Saat ini, mereka juga sempat berdiskusi soal penggunaan pasar lantai dua yang kurang optimal.

"Menindaklanjuti pasar di lantai atas. Pedagang kurang maksimal cari rejeki di lantai dua. Kami minta petunjuk saja. Beliau kan Mangkunegara X. Ada kaitannya Pasar Depok tanah Mangkunegara," katanya.

Terkait dengan dukungan untuk Gusti Bhre pada pilkada, dikatakannya, para pedagang menghendaki Gusti Bhre agar maju menjadi salah satu kandidat.

"Kami menghendaki Gusti Bhre dilamar masyarakat, bukan mencalonkan. Bukan hanya Pasar Depok tapi seluruh pasar tradisional di Solo. Ada wadahnya, Papat Suta, Bala Pasar," katanya.

Ia menilai Gusti Bhre merupakan sosok yang humanis dan memasyarakat.

"Cara memasyarakatnya luar biasa. Bukan hanya milenial yang suka tapi juga bapak dan ibu mengidolakan beliau. Mungkin beliau bisa melanjutkan yang sudah dikerjakan Mas Gibran selama empat tahun ini," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024