Kendari (ANTARA) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) meraih dua medali emas pada kegiatan Pekan Olahraga, Riset, dan Ornamen Seni Indonesia Timur (Poros Intim) III Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Se-Indonesia Timur tahun 2024.

"Raihan dua medali emas tersebut diperoleh dari cabang lomba Musabaqah Hifzhil Quran 20 juz putra dan karya tulis ilmiah putra," kata Wakil Rektor III IAIN Kendari Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Sitti Fauziah di Kendari, Rabu.

Baca juga: Kementerian Agama RI buka seleksi beasiswa Pemerintah Maroko 2024

Selain medali emas tersebut, kata dia, ada enam medali lainnya yang diperoleh di ajang yang digelar di kampus UIN Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTB) tersebut.

Enam medali lainnya itu adalah tiga medali perak dari lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) putra, pop solo Islam putri, dan Musabaqah Hifzhil Quran 10 juz putri.

"Selain itu, tiga medali perunggu dari cabang lomba MTQ putri, pop solo Islami putra dan Musabaqah Qira'atul Qutub putra," katanya

Kemudian, di dua cabang lomba lain hanya menambah daftar prestasi dengan meraih juara harapan tiga, yaitu lomba Musabaqah Hifzhil Quran 10 juz putra dan kaligrafi putra.

Ia mengatakan Poros Intim merupakan ajang prestasi dan silaturahim antar-mahasiswa pada 13 PTKIN di kawasan Indonesia Timur.

Baca juga: Kemenag kawal proses ISK untuk wujudkan target 15 PTKIN unggul 2024

Baca juga: Sebanyak 49 PTKIN se-Indonesia jadi peserta IOSIE 2024


Ke-13 PTKIN tersebut, yaitu UIN Mataram, UIN Datuk Karama Palu, UIN Alauddin Makassar, IAIN Sultan Amai Gurun Talo, IAIN Kendari, IAIN Manado, IAIN Palopo, IAIN Bone, IAIN Pare Pare, IAIN Ternate, IAIN Fathul Muluk Papua, IAIN Sorong, dan STAIN Majene.

Pada cabang lomba Musabaqah Hifzhil Quran dan karya tulis ilmiah menunjukkan bahwa keunggulan IAIN Kendari dalam hafalan Al Quran serta memperkuat reputasi keilmuan yang ada di kampus keagamaan Islam negeri terbesar di Bumi Anoa tersebut.

"Harapan kami pencapaian ini merupakan langkah yang baik untuk berjaya pada agenda nasional selanjutnya," ucapnya.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024