Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa terkait dengan isu politik terjadi di sepanjang Selasa (9/7). Dari mulai sinergitas menjaga pilkada 2024 hingga Kaesang Pangarep sambangi Golkar.

Berikut rangkaian berita politik yang telah dirangkum ANTARA.

1. KPU-Bawaslu sinergi sukseskan Pilkada Serentak 2024

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan melakukan rapat koordinasi (rakor) bersama untuk bersinergi menyukseskan Pilkada Serentak 2024.

Hal itu disampaikan oleh Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Sumatera yang dipantau secara daring dari Jakarta, Selasa.

Baca di sini

2. Menag: Pembentukan Pansus Angket Haji dijamin konstitusi

Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menilai pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Angket Pengawasan Haji oleh DPR RI itu dijamin konstitusi, karena itu pihaknya siap mengikuti proses itu.

"Ya kita ikuti saja. Itu kan proses yang dijamin oleh konstitusi kan. Itu kita ikuti," kata Menag setelah mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Grand Syekh Universitas Al-Azhar as-Syarif, Kairo, Mesir, Ahmed Al Tayeb, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa

Baca di sini

3. Menko Hadi minta KPU netral saat pilkada 2024

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Hadi Tjahjanto meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersikap adil dan netral dalam pilkada 2024.

"Harus on the track, ada tugas dan fungsi kewenangannya dan harus juga bertindak netral dan berintegritas serta menjamin hak pilihnya setiap masyarakat," kata Hadi saat memberikan sambutan dalam acara "Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Sumatera", Selasa.

Baca di sini

4. KPU RI: Penyelenggara pemilu yang maju pilkada harus mundur pekan ini

Jakarta (ANTARA) - Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin mengingatkan kepada jajaran KPU, Bawaslu dan DKPP selalu penyelenggara pemilu untuk mengundurkan diri bila maju atau mencalonkan diri pada Pilkada Serentak 2024.

"Bagi penyelenggara yang kok di tengah jalan pengin jadi kepala daerah, itu dihitungnya harus mundur, paling lambat 45 hari sebelum pendaftaran calon," kata pria yang akrab disapa Afif dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Sumatera yang dipantau secara daring dari Jakarta, Selasa.


Baca di sini


5. Airlangga ungkap Kaesang akan sambangi DPP Golkar Kamis

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep akan menyambangi DPP Partai Golkar, Kamis (11/7).

Airlangga tidak menyebut maksud kedatangan Kaesang. Namun, informasi itu disampaikan Airlangga saat ditanya soal peluang Golkar mengusung putra bungsu Presiden Joko Widodo itu di Pilkada 2024.

Baca di sini

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024