Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di TikTok menarasikan Presiden Joko Widodo akan membagikan pengeras suara pada akhir masa jabatannya.

Dalam video tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar dalam menyampaikan kabar tersebut.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“yang mau dapat hadiah speaker murah bisa komen”

Berikut transkrip Jokowi dalam unggahan tersebut:

“Bismillahirrahmanirahim sebelum mengakhiri masa jabatan saya, saya akan memberikan kenang-kenangan yaitu speaker bluetooth secara gratis keseluruh rakyat Indonesia yang sebelumnya dijual dengan harga 600 ribu sekarang saya diskon menjadi 100 ribuan saja. Semoga hadiah ini dapat bermanfaat untuk menjadi hiburan bapak ibu serta keluarga dirumah.”

Namun, benarkah video Jokowi akan bagikan pengeras suara kepada masyarakat pada akhir jabatannya?

 

Unggahan video yang menarasikan Jokowi akan bagikan pengeras suara kepada masyarakat diakhir jabatannya. Faktanya, video tersebut merupakan deepfake. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA menggunakan Google Reverse Image, foto tersebut serupa dengan unggahan foto dilaman KemenPAN RB yang berjudul “Presiden Jokowi Umumkan Rekrutmen 2,3 Juta, Menteri PANRB: Untuk Fresh Graduate dan Tuntaskan Tenaga Non ASN”.

Dalam unggahan tersebut, pemerintah mengumumkan pembukaan seleksi calon aparatur sipil negara atau ASN. Pengumuman disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Total jumlah rekrutmen ASN pada 2024 mencapai 2,3 juta formasi.

ANTARA juga menggunakan pendeteksi suara hasil kecerdasan buatan atau AI Voice Detector suara Jokowi pada video tersebut. Hasilnya suara dalam video tersebut 99,9 persen merupakan hasil buatan AI atau deepfake.

 

Hasil pendeteksi suara 99,9 suara dalam video tersebut merupakan hasil AI. (Website)
Klaim: Video Jokowi akan bagikan pengeras suara

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! MPR gelar Sidang Istimewa turunkan Jokowi dari jabatan pada pertengahan Juni

Cek fakta: Jokowi copot Pj Gubernur Aceh karena Anies menang telak di Aceh, benarkah?

Baca juga: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kunjungi Pasar Sentral Palakka Sulsel

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024