Kunjungan Syekh Ahmed Al Tayeb dapat memperkuat diplomasi antara Mesir dengan Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI Muhammad Ali Ramdhani menyatakan kunjungan Grand Syekh Universitas Al Azhar as-Syarif Mesir Ahmad Muhammad Ahmed Al Tayeb menjadi momentum membangun kampanye damai untuk Palestina.   

“Grand Syekh Ahmed Al Tayeb menyampaikan rasa keprihatinan terhadap Palestina, dan tentu saja kita tidak boleh berpangku tangan. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, salah satunya membangun kampanye perdamaian di media sosial,” ujar Ali saat ditemui di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada Selasa.   

Ia menegaskan, perang tidak harus dilakukan secara fisik, tetapi bisa diselesaikan melalui opini untuk mengakhiri perang yang tidak memiliki nilai-nilai kemanusiaan.

“Kami juga mengajak seluruh umat beragama di dunia untuk bersama-sama membangun kampanye perdamaian, di manapun itu termasuk keprihatinan kita terhadap Palestina, dengan cara masing-masing mengangkat isu-isu kemanusiaan dan say no to war (katakan tidak pada perang), karena perang pada dasarnya tidak memiliki nilai-nilai kemanusiaan,” tuturnya.   

Ia juga menekankan, arahan dan nasihat yang mencerahkan dari Grand Syekh Al Azhar akan diimplementasikan dengan baik di Indonesia.

“Dengan adanya kunjungan dari Grand Syekh Al Azhar ini, kita semua memperoleh pencerahan. Nasihat-nasihat yang mencerahkan ini sejatinya kita tindaklanjuti melalui penghayatan kepada amanat beliau dan kita implementasikan dengan baik,” ucapnya.

Ia berharap, kunjungan Syekh Ahmed Al Tayeb dapat memperkuat diplomasi antara Mesir dengan Indonesia.

“Secara prinsip, ini juga merupakan bagian dari diplomasi dua negara, Grand Syekh dari Mesir itu di konstitusi Mesir setara dengan Perdana Menteri. Kita sadar betul bahwa hubungan Mesir dengan Indonesia adalah hubungan sejarah yang teramat sangat panjang, di mana negara tersebut yang pertama mengakui kemerdekaan Republik Indonesia,” kata dia.  

Grand Syekh Al Azhar tiba di Indonesia pada Senin (8/7). Sebelum memberi orasi ilmiah di UIN Jakarta, Grand Syekh diterima oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Usai mengunjungi UIN Jakarta, Grand Syekh melanjutkan lawatannya menuju Pusat Studi Al-Quran yang didirikan oleh Quraish Shihab.

Syekh Ahmed Al Tayeb dijadwalkan melakukan berbagai kegiatan di Indonesia hingga 11 Juli 2024. Ketua Majelis Hukama Muslimin (MHM) tersebut juga akan bertemu para tokoh lintas agama serta organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

 Baca juga: Presiden dan Grand Syekh diskusikan inisiatif global untuk perdamaian
Baca juga: Grand Syekh Al Azhar: Mengkafirkan umat beragama bukan ajaran Islam
Baca juga: Grand Syekh Al Azhar Mesir puji peran Indonesia satukan perbedaan

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024