Jakarta (ANTARA) - Prajurit TNI Angkatan Laut dari Korps Marinir TNI Angkatan Laut dan prajurit Marinir dari Amerika Serikat (USMC) berlatih mendalami teknik komunikasi taktis dan menggunakan drone intai dalam Latihan Bersama Platoon Exchange 2024 di Situbondo, Jawa Timur.

Latihan Bersama Platoon Exchange (Latma Platex) 2024 yang merupakan latihan rutin Korps Marinir TNI AL dan USMC digelar pada 8–21 Juli di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir 5 Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur.

Dalam sela-sela latihan komunikasi taktis di Puslatpur Marinir 5 Baluran, Selasa, Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Reno Saputra selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Latma Platex 2024 meminta para peserta memanfaatkan latihan bersama itu dengan penuh tanggung jawab, karena latihan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pasukan Marinir dua negara sekaligus interoperabilitas antara pasukan Marinir Indonesia dan Amerika Serikat.

“Laksanakan latihan dengan penuh tanggung jawab dan penuh semangat. Ciptakan suasana kegembiraan. Serap ilmu sebaik-baiknya dan laksanakan prosedur keamanan terhadap personel dan material,” kata Dansatgas Latma Platex 2024 ke para prajurit Marinir peserta latihan sebagaimana dikutip dari siaran resmi Penerangan Pasukan Marinir (Pasmar) 2 TNI AL.

Baca juga: TNI AL dan Marinir AS tuntaskan latihan intai Latma Reconex 2024

Baca juga: Marinir TNI AL berbagi ilmu bertahan hidup di hutan saat Rimpac 2024

Baca juga: Korps marinir Indonesia, AS selesaikan latihan pengintaian 2024


Dalam beberapa foto yang dibagikan oleh Penerangan Pasmar 2 TNI AL, perwira dari Marinir AS memberikan sejumlah materi mengenai komunikasi taktis, yang mencakup etiket dalam berkomunikasi, kemudian informasi-informasi penting yang perlu disampaikan saat berkomunikasi menggunakan sambungan radio HT.

Di lokasi yang sama, prajurit Marinir dua negara juga mendapatkan materi mengenai penggunaan pesawat nir-awak (drone) intai dan berbagai senjata lainnya.

Latma Platex 2024 resmi dibuka di Puslatpur Marinir 5 Baluran, Senin (8/7). Dansatgas Latma Platex 2024 dalam amanatnya saat acara pembukaan itu menjelaskan Korps Marinir TNI AL dituntut untuk memiliki kesiapan operasional yang tinggi dalam menghadapi berbagai ancaman, gangguan, dan hambatan terhadap kedaulatan serta keutuhan NKRI.

"Tuntutan untuk Korps Marinir TNI Angkatan Laut salah satunya adalah mampu mewujudkan peperangan operasi amfibi dengan proyeksi kemampuannya dari laut ke darat dan operasi darat lanjutan," kata Dansatlas Latma Platex 2024 ke prajurit Marinir TNI AL peserta latihan.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024