dapat mengefisiensikan waktu tempuh dari Sigli ke Banda Aceh yang sebelumnya 2 hingga 2,5 jam menjadi 1 hingga 1,5 jam
Banda Aceh (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) menyebutkan progres pengerjaan fisik ruas Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) seksi 1 Padang Tiji - Seuliemum sepanjang 25 km telah mencapai 88,55 persen, dan ditargetkan akan rampung keseluruhan pada rentang waktu kuartal tiga dan empat tahun 2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim, Selasa, mengatakan progres pengadaan lahan jalan Tol Ruas Sibanceh seksi 1 Padang Tiji – Seuliemum sudah mencapai 76,65 persen, terhadap penetapan lokasi (penlok) lama dan tambahan.

“Progres pengerjaan fisik jalan tol ini sudah mencapai 88,55 persen,” kata Adjib dalam keterangan diterima di Banda Aceh.

Ia menjelaskan, jalan Tol Sigli - Banda Aceh memiliki panjang keseluruhan 74 km yang terbagi menjadi enam seksi.

Apabila tersambung sepenuhnya, jalan Tol Sigli - Banda Aceh akan dilengkapi dengan enam simpang susun, tujuh gerbang tol, dan jumlah lajur 2x2 pada tahap awal dengan kecepatan rencana yakni 100 km per jam.

“Jika seksi 1 rampung, maka Tol Sigli - Banda Aceh akan tersambung sepenuhnya dan dapat mengefisiensikan waktu tempuh dari Sigli ke Banda Aceh yang sebelumnya 2 hingga 2,5 jam menjadi 1 hingga 1,5 jam perjalanan saja,” ujarnya.

Di sisi lain, untuk kenyamanan bagi pengguna jalan tol, Hutama Karya juga sedang membangun empat buah tempat istirahat pelayanan (TIP) atau rest area yang ditargetkan rampung pada kuartal tiga 2024 mendatang.

Kata Adjib, Hutama Karya juga aktif untuk berkoordinasi dengan regulator terkait percepatan proses pengadaan lahan jalan Tol Sigli – Banda Aceh seksi satu sebagai salah satu strategi percepatan.

“Adapun ruas yang telah beroperasi yaitu seksi 2 hingga 6 (Seulimeum – Baitussalam) dengan ekuivalen panjang 49 km,” ujarnya.

Untuk diketahui, Hutama Karya membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Sigli-Banda Aceh memiliki panjang 74,2 kilometer yang terbagi dalam 6 seksi, yaitu Seksi 1 Padang Tiji-Seuliemum (25 km), Seksi 2 Seuliemum-Jantho (6 km).

Selanjutnya Seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km), Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14 km), Seksi 5 Blang Bintang-Kuta Baro (8 km), dan Seksi 6 Kuta Baro-Baitussalam (5,2 km).

Lima dari total enam seksi tersebut telah beroperasi. Tiga seksi di antaranya beroperasi dengan pengenaan tarif yakni seksi 2, seksi 3, dan seksi 4. Sementara seksi 5 dan 6 belum pengenaan tarif atau gratis karena masih dalam tahapan sosialisasi.

Baca juga: PT HK catat ruas Tol Sibanceh dilalui 22.487 kendaraan saat Idul Adha
Baca juga: Pembangunan ruas Tol Trans Sumatera Aceh hingga Langsa masuk tahap III

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024