Jembrana, Bali (ANTARA) -
Tim dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengunjungi Kepolisian Resor Jembrana, Bali untuk melakukan analisa dan evaluasi pengawasan serta pengamanan pilkada di daerah tersebut.
 
"Selain menganalisa dan mengevaluasi pengamanan pilkada, kami juga memantau kesejahteraan anggota Polres Jembrana serta pelayanan publik," kata Ketua Tim Kompolnas Pudji Hartanto Iskandar di Negara, Kabupaten Jembrana, Selasa.

Baca juga: Kompolnas pantau persiapan pengamanan pilkada di Riau
 
Dia mengatakan, untuk pelayanan publik pihaknya melihat Polres Jembrana telah melakukan berbagai upaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
 
Dalam kunjungan ini Kompolnas bersama konsultan dari Markplus Hermawan yang mengatakan, apapun yang terjadi di Jembrana akan menjadi perhatian karena daerah ini merupakan pintu gerbang Bali dari Jawa.
 
"Untuk berbagai hal termasuk keamanan, yang penting dilakukan adalah integrasi budaya karena daerah ini merupakan pintu gerbang Bali dari Jawa, demikian juga sebaliknya," katanya.

Baca juga: KY komitmen pantau persidangan perkara Pemilu dan Pilkada 2024
 
Setelah bertemu dengan Wakapolres Jembrana Komisaris (Kompol) I Made Katon beserta dari Kodim 1617 Jembrana, Kejaksaan Negeri Jembrana, Pemkab Jembrana dan Pengadilan Negeri Negara, Kompolnas melihat pelayanan SIM, SKCK, BPKB, sidik jari (identifikasi) dan pelayanan lain di Polres Jembrana.
 
Kepada Kompolnas, Katon mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan dan strategi untuk mengamankan pilkada.
 
Menurut dia, selain sarana dan prasarana pengamanan, yang juga penting dilakukan adalah memberi motivasi kepada anggota agar menjalankan tugas pengamanan dengan baik dan sesuai undang-undang.

Baca juga: Pantau Pilkada, Ketua Satgas ajak masyarakat jangan kendur patuhi 3M
 
Beberapa waktu lalu, berkaitan dengan pilkada, Polres Jembrana melakukan doa bersama lintas agama.
 
"Apapun yang dilakukan manusia jika dilandasi nilai-nilai keagamaan yang kuat pasti akan berjalan baik dan lancar. Agar pilkada berjalan lancar, damai dan aman sudah seharusnya kita memohon kepada Tuhan agar hal itu terwujud," kata Kapolres Jembrana Ajun Komisaris Besar (AKBP) Endang Tri Purwanto, saat doa lintas agama tersebut.

Baca juga: Kapolda Papua pantau langsung pilkada di Yahukimo dan Asmat
 
Dia mengatakan, selain doa lintas agama tersebut, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar pilkada berjalan aman dan damai.
 
Kegiatan doa lintas agama selain jajaran Polres Jembrana juga dihadiri Komandan Kodim 1617 Jembrana Letnan Kolonel Infanteri. M. Ardiansyah, Sekda Jembrana I Made Budiasa serta sejumlah tokoh dari Agama Hindu, Islam, Katolik, Kristen Protestan dan Khonghucu yang bergantian membaca doa.

Baca juga: Kementerian Dalam Negeri pantau 270 daerah yang laksanakan Pilkada
Baca juga: Cawali Surabaya Machfud Arifin pantau sejumlah TPS usai mencoblos

Pewarta: Gembong Ismadi/Rolandus Nampu
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024