Tujuannya dengan data survei kepuasan pelanggan ini kita dapat mengetahui standar produk dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kahuripan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melakukan survei kepuasan pelanggan demi menjaga kualitas layanan yang baik.

Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Abdul Somad, di Cibinong, Selasa, mengungkapkan bahwa survei ini berlangsung sekitar sebulan sejak 8 Juli hingga 10 Agustus 2024.

Menurut dia, meski Tirta Kahuripan merupakan perusahaan pengolah air bersih satu-satunya di Kabupaten Bogor, tapi salah satu BUMD milik Pemkab Bogor ini tetap membutuhkan kritik dan masukan.

Terlebih, kata dia, era globalisasi teknologi dan informasi saat ini membuat dunia bisnis semakin dinamis dan bergerak cepat.
Baca juga: Tirta Kahuripan siaga 13 truk tanki antisipasi kendala saat Lebaran

"Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan sangat penting untuk mempertahankan kelangsungan hidup bisnis dalam jangka panjang. Tentunya hal tersebut harus disikapi serius dan tepat sasaran," kata Abdul Somad.

Pada survei kepuasan pelanggan kali ini, Tirta Kahuripan merinci faktor penentu kepuasan seperti kualitas pelayanan, kualitas produk, kesesuaian harga, hingga faktor ekonomi dan pribadi pelanggan.

"Tujuannya dengan data survei kepuasan pelanggan ini kita dapat mengetahui standar produk dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan," ujarnya.

Hasil dari survei ini akan menjadi pedoman perbaikan secara menyeluruh dan berkelanjutan khususnya di komponen yang masih lemah. Sehingga, produk air bersih baik secara kualitas, kuantitas dan kontinuitas berbanding lurus dengan kualitas layanannya.

"Dan hal ini pun nantinya akan mengurangi aduan keluhan pelanggan sekaligus mencegah pelanggan menggunakan air tanah berlebihan yang justru merusak lingkungan lebih luas," ujarnya pula.

Survei kepuasan pelanggan dilakukan kepada 1.107 pelanggan dari kelompok rumah tangga (domestik) yang dilaksanakan oleh PT Multi Utama Risetindo dengan 33 petugas surveyor yang dilengkapi kartu tanda pengenal petugas dan surat tugas dari Perumda Air Minum Tirta Kahuripan.
Baca juga: Perumda Tirta Kahuripan Bogor bagikan 1.094 bingkisan lebaran ke warga
Baca juga: Tirta Kahuripan buka pelayanan di Mal Pelayanan Publik Cibinong

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024