Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) DKI Jakarta Darwoto mengungkapkan bahwa hampir separuh atau 46 persen penduduk Jakarta kini adalah generasi milenial dan zilenial atau Z.

Dia lalu merinci sebanyak 24 persen penduduk Jakarta berada pada kategori usia 25-39 tahun atau disebut generasi milenial dan sebanyak 23 persen itu adalah generasi Z, yakni berusia 10-24 tahun.

Artinya, kata dia di Jakarta, Selasa sore, saat ini di Jakarta, 46 persen didominasi oleh generasi milenial dan Z. Hampir separuh dari jumlah penduduk.

"Sementara 22 persen adalah gen X usia 40 - 54 tahun," kata dia dalam acara daring bertema “Mewujudkan Indonesia Emas Melalui Generasi Milenial dan Zilenial” yang diadakan Dinas PPAPP DKI Jakarta.

Darwoto mengatakan khusus mereka yang kini memasuki usia produktif diharapkan dapat membekali diri dengan berbagai keterampilan termasuk teknologi dan informasi guna mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Salah satu indikator untuk mewujudkan Indonesia Emas adalah keberadaan penduduk yang berpotensi untuk lebih produktif menghasilkan barang dan jasa," kata dia.

Baca juga: Perubahan iklim bebani penduduk miskin di pesisir Jakarta
Baca juga: Kemendagri: Jakarta tak akan mampu tolak urbanisasi meski jadi DKJ


Darwoto menuturkan para generasi milenial dan Z sembari membeli diri dengan keterampilan bidang TI juga mengembangkan potensi diri dan menjauhi perundungan.

"Mumpung ini sedang masuk sekolah, tolong jagalah pergaulan yang baik. Jangan melakukan perundungan. Bercandalah dengan cara yang baik," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Kerja Sama Pendidikan Kependudukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Indra Murty Surbakti mengingatkan Indonesia akan mengalami perubahan struktur usia dengan persentase penduduk usia kerja yang lebih tinggi (15-64 tahun).

Ini, kata dia, akan memberikan peluang bagi Indonesia untuk memanfaatkan bonus demografi yang sudah memuncak di tahun 2022 tetapi akan tertutup di tahun 2037.
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024