Jakarta (ANTARA) - Android adalah sistem operasi rancangan Google yang paling sering dijumpai di smartphone saat ini. Sistem operasi yang awalnya menggunakan kernel Linux itu terus berkembang dari masa ke masa yang dapat diikuti penggunanya dengan melakukan update atau pembaruan OS secara berkala.

Agar perangkat berfungsi optimal, penting bagi Anda untuk memastikan sistem operasi selalu diperbarui ke versi terkini. Pembaruan OS biasanya dapat memperbaiki bug pada software, meningkatkan kinerja ponsel, menambah fitur baru, dan perbaikan keamanan yang krusial.

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara mengecek dan memperbarui OS Android pada perangkat Anda. Cara mengecek versi Android juga terbilang mudah, Anda hanya perlu membuka menu settings atau pengaturan pada smartphone Anda.

Selain mengecek Anda juga bisa memperbarui atau update OS Android Anda, berikut langkah-langkahnya:

Memeriksa versi Android
  1. Buka menu Setelan di perangkat smartphone
  2. ​​​​​​​​​​​​​​Ketuk Tentang ponsel atau Tentang tablet kemudian klik versi Android
  3. ​​​​​​​​​​​​​​Versi Android smartphone Anda akan muncul.

Cara memperbarui atau update Android terbaru
  1. Buka ponsel Android, pilih menu Setting > System > Advanced > System Update
  2. Jika update terbaru sudah tersedia, ketuk update, kemudian perangkat melakukan pengunduhan secara otomatis
  3. Setelah selesai, perangkat akan melakukan reboot (mati, lalu menyala lagi) dan menyelesaikan proses update
  4. Tunggu sampai update selesai hingga 100 persen.

Tips:

  • Back-up Data: Sebelum melakukan pembaruan sistem, selalu back-up data penting pada ponsel Anda untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.
  • Koneksi Stabil: Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil jika pembaruan memerlukan unduhan data yang besar.
  • Perangkat Kompatibel: Tidak semua perangkat Android mendapatkan pembaruan OS terbaru. Pembaruan biasanya didasarkan pada kebijakan pabrikan dan umur perangkat.
Memastikan OS Android Anda selalu dalam versi terbaru sangat penting untuk kinerja dan keamanan perangkat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek dan memperbarui sistem operasi perangkat Android Anda. Selalu ingat untuk melakukan back-up data sebelum pembaruan dan pastikan perangkat terhubung ke jaringan yang stabil.


Baca juga: Daftar ponsel & tablet yang dapat pembaruan Android 14 versi final

Baca juga: Sejarah berdirinya Android dan perkembangannya hingga kini

Baca juga: Tablet pertama Poco di Indonesia Poco Pad resmi meluncur

 

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024