Jakarta (ANTARA) - Tabir surya atau sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang  penting digunakan untuk melindungi kulit terutama kulit wajah. Sunscreen untuk wajah diciptakan khusus untuk melindungi kulit wajah yang lebih sensitif dari bahaya sinar matahari.

Dengan penggunaan yang rutin, sunscreen wajah dapat memberikan berbagai manfaat yang cukup besar untuk kesehatan kulit wajah.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan sunscreen wajah dan mengapa kamu harus menambah sunscreen sebagai bagian dari rutinitas harian.

Mencegah kerusakan kulit wajah akibat sinar UV Sunscreen wajah melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya. Sinar UV terdiri dari UVA dan UVB, yang keduanya dapat menyebabkan kerusakan kulit.

UVA dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam yang bisa menyebabkan penuaan dini dan keriput, sedangkan UVB menyebabkan kulit terbakar dan berkontribusi terhadap perkembangan kanker kulit.

Dengan menggunakan sunscreen wajah yang mengandung perlindungan broad-spectrum, kamu bisa melindungi kulit dari ancaman bahaya kedua jenis sinar UV ini.

Mengurangi risiko kanker kulit

Salah satu manfaat paling penting dari penggunaan sunscreen wajah adalah pengurangan risiko kanker kulit. Paparan sinar UV yang berlebihan adalah penyebab utama kanker kulit, termasuk melanoma yang sangat berbahaya. Dengan menggunakan sunscreen kamu bisa melindungi wajah dari sinar matahari dan mengurangi risiko perkembangan kanker kulit.

Mencegah penuaan dini

Penuaan dini sering kali disebabkan oleh paparan sinar UV yang merusak kolagen dan elastin di kulit. Kerusakan ini dapat menyebabkan munculnya garis halus, keriput, dan hilangnya kekenyalan pada kulit. Sunscreen wajah dapat membantu mencegah kerusakan ini dengan melindungi kulit dari paparan sinar UV secara langsung.

Dengan penggunaan yang rutin, kulit akan terhindar dari penuaan dini dan menjadi lebih sehat.

Mencegah hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana terdapat area kulit menjadi lebih gelap daripada bagian kulit di sekitarnya akibat produksi melanin yang berlebihan.

Paparan sinar matahari dapat memicu hiperpigmentasi, seperti bintik atau noda hitam. Sunscreen wajah membantu mencegah terjadinya hiperpigmentasi dengan melindungi kulit dari paparan sinar UV secara langsung yang dapat merangsang produksi melanin.

Menjaga kesehatan kulit wajah
Penggunaan sunscreen secara rutin bisa mencegah berbagai macam permasalahan kesehatan kulit akibat paparan sinar ultraviolet seperti kemerahan, iritasi, dan peradangan.

Cara memilih sunscreen yang tepat untuk wajah

Untuk memilih sunscreen wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Berikut beberapa tips untuk memilih sunscreen yang tepat:

  • SPF yang Sesuai: Untuk perlindungan harian, pilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi. SPF yang lebih tinggi memberikan perlindungan yang lebih lama terhadap sinar UV.
  • Formula yang Ringan: Untuk kulit wajah, pilih sunscreen dengan formula ringan dan tidak berminyak agar nyaman digunakan sehari-hari.
  • Non-Komedogenik: Pilih sunscreen yang non-komedogenik, yang tidak beresiko menyumbat pori-pori, untuk mencegah timbulnya jerawat.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024