Jalan tol sepanjang 26,18 kilometer, dengan total investasi sebesar Rp10,6 triliun ini merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan keberadaan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Jawa Barat (Jabar) akan mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan Jabodetabek.

"Jalan tol ini akan mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan ini, yang nantinya akan menyumbang pembangunan ekonomi kawasan dan nasional," kata Wapres dalam sambutan peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung di Kabupaten Bogor, Jabar dipantau secara daring di Jakarta, Selasa.

Wapres mengharapkan konektivitas antarkawasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya juga dapat meningkat dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dengan jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek.

Untuk itu, kata Wapres, kita patut bersyukur Jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang dibangun pengerjaan konstruksinya sejak tahun 2016 akhirnya telah selesai dan siap beroperasi.

"Jalan tol sepanjang 26,18 kilometer, dengan total investasi sebesar Rp10,6 triliun ini merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang melengkapi jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Jabodetabek," kata Wapres.

Peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirene dan juga penandatanganan prasasti oleh Wapres.

"Semoga jalan tol ini membawa percepatan dalam peningkatan konektivitas dan aksesibilitas antarwilayah sehingga pada akhirnya mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional. Akhirnya, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung saya resmikan," ucap Wapres.

Untuk diketahui, proyek Jalan Tol Cimanggis-Cibitung terbagi atas Seksi 1 Ruas Junction Cimanggis-Jatikarya dan Seksi 2 Ruas Jatikarya-Cibitung. Seksi 2 terbagi dalam Seksi 2A Jatikarya-Cikeas dan Segmen 2B Cikeas-Cibitung.

Seksi 1 dan Seksi 2A sudah beroperasi masing-masing sejak 2020 dan 2023, sementara Seksi 2B menjadi seksi terakhir Jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang akan segera dibuka. Adapun lokasi peresmian hari ini berada di Seksi 2B, yaitu di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400.

Setelah Jalan Tol Cimanggis-Cibitung beroperasi penuh, jalan bebas hambatan ini akan tersambung dengan jaringan J (JORR) 2 sehingga makin melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek.

Baca juga: Tol MBZ aman dilewati seluruh golongan kendaraan
Baca juga: Progres konstruksi dua ruas di Tol Ketupat rampung 100 persen
Baca juga: Adhi Karya minta PMN 2025 Rp2,09 triliun untuk Tol Solo-Yogyakarta

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024