Jakarta (ANTARA) - Frugal living dan minimalis sering kali dikaitkan karena keduanya menekankan pada pengelolaan pengeluaran. Namun, keduanya memiliki pemahaman makna yang berbeda.

Lantas, apa yang membedakan keduanya?

Frugal living merupakan gaya hidup yang berfokus pada pengeluaran keuangan yang hemat dan bijak untuk memenuhi kebutuhan dasar daripada mengedepankan keinginan konsumtif yang berlebihan.

Sedangkan minimalis merupakan gaya hidup yang menekankan pada menyederhanakan pengeluaran keuangan dan mengalokasikannya hanya untuk hal-hal yang dianggapnya paling berharga.

Baca juga: Mengambil jalan moderat dalam menerapkan pola hidup hemat

Perbedaan frugal living dengan minimalis

1. Mempertimbangkan barang
Seseorang yang menerapkan frugal living cenderung lebih menekankan dalam memperoleh barang dengan cara harga yang hemat. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan promo untuk menekan pengeluaran. Sementara seseorang yang menerapkan minimalis cenderung akan fokus mempertimbangkan kualitas barang untuk setiap kebutuhannya.

2. Pendekatan yang berbeda
Orang yang menerapkan frugal living memprioritaskan pengeluaran yang hemat. Mereka cenderung mengevaluasi cara untuk mengurangi pengeluaran agar dapat menabung atau mengalokasikan dana tersebut untuk keperluan lain. Prinsipnya setiap pengeluaran harus memiliki value.

Sedangkan, orang yang menerapkan minimalis memilih untuk mengurangi jumlah benda yang tidak perlu dan menghindari hal-hal yang tidak terlalu diinginkan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Contoh frugal living dan minimalis

Seseorang yang menerapkan frugal living bisa memiliki beberapa sepatu untuk bekerja.

Namun, beberapa sepatu tersebut kemungkinan dibeli dengan harga promo atau lebih murah.

Sedangkan seseorang yang menerapkan minimalis hanya memiliki satu sepatu untuk bekerja dengan mempertimbangkan kualitas barang untuk setiap kebutuhannya.

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa frugal living lebih terfokus pada aspek finansial menghemat pengeluaran, sementara minimalis lebih pada kesederhanaan dan pengurangan barang.

Baca juga: Frugal living vs pelit, ini perbedaannya

Baca juga: Lima kiat terapkan frugal living 

Baca juga: Frugal living, apa artinya?

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024