Grand syekh mengapresiasi peran yang dilakukan Indonesia dalam isu Palestina
Jakarta (ANTARA) - Grand Syekh Universitas Al Azhar as-Syarif Mesir Ahmad Muhammad Ahmed Al Tayeb mengapresiasi kiprah Indonesia dalam mewujudkan perdamaian di Gaza, Palestina.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Ahmed Al Tayeb di Istana Merdeka Jakarta.

"Grand syekh mengapresiasi peran yang dilakukan Indonesia dalam isu Palestina," kata Menlu Retno.

Menlu Retno mengatakan Indonesia secara konsisten berperan dalam membantu penanganan korban agresi Israel dan menuntut hak-hak rakyat Palestina di forum internasional.

Baca juga: Jokowi-Grand Syekh Al Azhar bahas bilateral RI-Mesir hingga perdamaian

Selain itu, lanjutnya, Indonesia juga aktif dalam organisasi seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Gerakan Non-Blok, dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk menyuarakan isu-isu Palestina.

Dalam pertemuannya dengan Presiden Jokowi sekitar dua jam, Grand Syekh melaporkan bahwa perang di Gaza yang sudah bergulir selama sembilan bulan, hingga kini belum kunjung selesai.

Menlu Retno mengatakan Syekh Ahmed Al Tayeb menggalang misi persatuan dunia melalui rangkaian kunjungan ke Asia Tenggara yaitu Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

"Grand Syekh mengatakan pentingnya persatuan semua negara di dunia agar perang dapat diselesaikan segera," kata Menlu Retno.

Baca juga: Ponpes Darunnajah siap sambut kehadiran Grand Syekh Al-Azhar Mesir
Baca juga: Presiden terima kunjungan Grand Syekh Al-Azhar di Istana Merdeka

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024