Jakarta (ANTARA) - Frugal living merupakan gaya hidup untuk menekan tingkat keborosan seseorang dengan mengelola uang secara bijak dan cermat dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam menerapkan frugal living bisa membawa manfaat untuk diri sendiri lho, dengan mendorong hidup sederhana dan menghargai apa yang dimiliki guna menjaga kestabilan keuangan jangka panjang. Nah, buat Anda yang ingin mulai menerapkan gaya hidup frugal living, yuk simak tipsnya di bawah ini ya.

Tips menerapkan frugal living

Frugal living bisa diterapkan oleh semua orang dengan penghasilan berapapun, berikut beberapa tipsnya:

1. Membuat anggaran keuangan

Mencatat rinci tentang pengeluaran bulanan dan merencanakan anggaran berdasarkan pendapatan tetap yang diterima, serta mematuhi rencana tersebut saat melakukan pengeluaran keuangan.

Mengalokasikan anggaran untuk pengeluaran terduga yang merupakan dana kebutuhan operasional sehari-hari seperti makanan, tagihan listrik, biaya bahan bakar, dan pajak, dan pengeluaran tidak terduga seperti liburan, dana sosial dan anggaran darurat.

2. Mencari alternatif murah

Dalam menerapkan Frugal living bisa dengan mencari alternatif yang lebih murah dalam kehidupan sehari-hari, seperti menggunakan transportasi umum, memanfaatkan penawaran diskon atau promosi, dan menggunakan fitur langganan untuk beberapa hal yang memang sering digunakan, membuat kartu member atau kartu berlangganan bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan barang atau layanan dengan harga lebih terjangkau karena bermanfaat untuk menghemat pengeluaran.

3. Menjual barang bekas

Biasanya, orang memilih untuk membeli barang berdasarkan kegunaan dan manfaatnya, sehingga tidak masalah jika barang tersebut bekas selama kualitasnya tetap baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Barang-barang bekas yang tidak terpakai di rumah bisa dijual, selain untuk menghemat tempat juga dapat menghasilkan uang tambahan.

4. Menahan diri untuk pengeluaran yang tidak terlalu penting

Menahan diri untuk sekedar nongkrong atau membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan atau tidak benar-benar efektif dilakukan. Belilah barang-barang yang bisa mendatangkan value bagi hidup untuk jangka panjang hal ini bisa membantu menghemat uang dan menerapkan frugal living.

5. Menabung untuk kebutuhan

Menabung adalah suatu hal yang sangat penting dalam menerapkan prinsip frugal living. Kebiasaan menabung dapat memberikan perasaan keamanan finansial yang penting dan membantu menghindarkan dari risiko terlilit utang berlebihan.

Baca juga: Frugal living, apa artinya?

Baca juga: Frugal living, jalan bebaskan diri dari serangan konsumtivisme

Baca juga: Mengambil jalan moderat dalam menerapkan pola hidup hemat

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024