Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menerjunkan anggota untuk melakukan pencarian terhadap seorang warga yang dilaporkan terjatuh di perairan Selat Capalulu, Kabupaten Kepulauan Sula.

"Berdasarkan laporan, sekitar terjadi gelombang tinggi pada Senin (8/7) malam mengakibatkan korban seorang pria bernama Ardin Pauwa (47) terjatuh ke laut di sekitar Selat Capalulu," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate Fathur Rahman di Ternate, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya personel dari Polairud Polres Sanana dan masyarakat setempat telah melakukan upaya pencarian awal namun belum membuahkan hasil.

Ia menjelaskan laporan kejadian tersebut diterima oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate melalui Unit Siaga SAR Sanana dari keluarga korban bernama Kartini Basahona.

Baca juga: Tim SAR gabungan evakuasi jasad pemuda tenggelam di Pantai Cipatuguran

Kronologis kejadian, pada Minggu (8/7), pukul 21.00 WIT, korban bersama tiga rekannya berangkat dari Desa Penu, Kecamatan Taliabu Utara menuju Desa Pas Ipa, Kecamatan Mangoli Barat menggunakan perahu panjang bermesin 40 PK.

Dia mengatakan hari ini Tim Rescue Unit Siaga SAR Sanana bergerak menuju koordinat dugaan kejadian dengan menggunakan RIB 01 Sanana untuk melakukan pencarian terhadap korban.

Unsur terlibat dalam pencarian, antara lain Unit Siaga Sanana, Pos AL Sanana, Polair Polres Sanana, masyarakat Sanana, dan keluarga korban.

Sepekan sebelumnya, Basarnas berhasil menemukan korban terseret banjir di Oba, Kota Tidore Kepulauan bernama Ince Rumube (60). Tim SAR gabungan akhirnya menemukan korban, di dekat Pulau Makian, Kabupaten Halmahera Selatan dalam kondisi meninggal dunia.

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan jasad ABK KMN Cahaya Madinah
Baca juga: Basarnas Ambon sebut 15 awak KM Artamoro 2 dinyatakan selamat
Baca juga: Lima nelayan Indonesia selamat dari kecelakaan laut di Selat Malaka

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024