Medan (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengecek kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 untuk wilayah Sumatera di Medan, Selasa.

"Kegiatan ini untuk mengetahui kesiapan Pilkada Serentak 20024 di sejumlah daerah, termasuk Sumatera," ujar Menko Hadi saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 untuk wilayah Sumatera.

Sebagai keynote speaker dalam rakor tersebut, Menko Polhulkam Hadi Tjahjanto menyampaikan sejumlah arahan yang diberikan kepada seluruh peserta guna menyukseskan Pilkada Serentak 2024.

Dalam arahannya, Hadi menekankan sinergisitas antarpemangku kebijakan terkait serta memahami peran dan fungsi masing-masing instansi pada pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Hal itu, kata dia, kesuksesan pesta demokrasi akan mudah terwujud jika antarpemangku kebijakan terkait dapat menjalankan fungsi dan perannya serta meningkatkan koordinasi antara lembaga.

"Untuk dapat menyukseskan Pilkada Serentak 2024. Kita harus mampu menetapkan peran kita masing-masing sesuai tugas fungsi baik dari kementerian, lembaga, instansi melalui singertitas," kata Hadi

Mantan Panglima TNI itu juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Pilkada 2024 itu seluruh elemen harus bersama-sama menjaga stabilitas di bidang politik, hukum dan keamanan yang kondusif dan terkendali.

Menurutnya, Pilkada 2024 merupakan pemilihan umum terbanyak sepanjang sejarah yang berpotensi akan berdampak pada tingkatan ancaman baik ancaman miss komunikasi, polarisasi politik dan sosial politik.

Untuk itu, kata dia, diperlukan peran dari seluruh elemen untuk ikut menjaga stabilitas di bidang politik, hukum dan keamanan sehingga dapat menciptakan pesta demokrasi yang kondusif dan terkendali.

"Kita juga perlu meningkatkan pendidikan politik untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat guna mewujudkan terselenggara-nya pesta demokrasi yang aman, damai, kondusif dan berkualitas," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Hadi berharap peserta dapat memanfaatkan tentang Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 untuk wilayah Sumatera ini dengan baik sehingga mendapatkan informasi perkembangan Pilkada 2024.

"Memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya saling bertukar informasi terkait berbagai permasalahan yang dihadapi serta menerapkan solusi penyelesaian. Sehingga rapat koordinasi ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta dalam mempersiapkan Pilkada Serentak tahun 2024," kata dia.

Rakor tersebut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni, Pj Wali Kota dan Bupati jajaran Pejabat TNI/Polri serta penyelenggara pemilu.

Ketua Penyelenggara, Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam Mayjen TNI Heri Wiranto melaporkan kegiatan ini dilakukan secara hibrid yang diikuti sebanyak 1.410 orang.

"Sebelumnya, Rakor ini juga diselenggarakan untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku dan yang lainnya. Untuk di Sumatera di ikuti 760 orang secara langsung dan virtual 650 orang," kata dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024