Pada semester I tahun ini, kami telah melayani 417.098 penumpang, meningkat dari 344.289 penumpang pada tahun 2023
Samarinda (ANTARA) -
Penyelenggara Bandara APT Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur, mencatatkan peningkatan jumlah  penumpang pada semester I tahun 2024 sebesar 21 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023.
 
"Pada semester I tahun ini, kami telah melayani 417.098 penumpang, meningkat dari 344.289 penumpang pada tahun 2023," ujar Kepala Seksi Pelayanan dan Kerja sama Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Denny Armanto di Samarinda, Selasa.
 
Menurutnya, inovasi dan peningkatan layanan menjadi kunci utama dalam menarik minat penumpang. Bandara APT Pranoto kini dilengkapi dengan tiga executive lounge yang menyediakan pelayanan premium, working space yang nyaman, kursi refleksi untuk relaksasi, serta hadiah sepeda listrik bagi penumpang tujuan Denpasar.
 
"Kami juga memberikan perhatian khusus kepada penumpang dengan kebutuhan khusus melalui fasilitas kursi roda, tongkat pembantu jalan, personal assistance dan jalur khusus disabilitas," tambah Denny.
 
Dalam hal pilihan maskapai, penumpang memiliki beragam opsi yang meliputi Batik Air, Lion Air, Super Air Jet, Citilink, Wings Air dan Susi Air untuk angkutan perintis.

Rute penerbangan dengan trafik terbanyak saat ini adalah menuju Jakarta dan Surabaya, menunjukkan hubungan ekonomi dan sosial yang kuat antara kota-kota tersebut dengan Samarinda.

Baca juga: Bandara Samarinda siapkan penerbangan tambahan pada libur Idul Adha

Baca juga: Bandara Samarinda siapkan penerbangan tambahan hadapi 'long weekend'
 
Bandara APT Pranoto juga mengimplementasikan kebijakan baru dalam penertiban wilayah bandara, dengan pengaturan alur drop penumpang dan penjemputan yang telah disesuaikan berdasarkan assessment dari BNPT dan Direktorat Keamanan Penerbangan. Langkah ini diambil untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan para penumpang.
 
Denny mengimbau masyarakat yang akan melakukan penerbangan di Bandara APT Pranoto untuk datang dua jam sebelum keberangkatan guna menghindari antrean saat check-in.
 
"Pastikan barang bawaan Anda tidak mengandung barang berbahaya yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan," imbau Denny.
 
Ia melanjutkan penumpang hamil diwajibkan untuk melampirkan surat keterangan laik terbang, dan disarankan untuk melakukan check-in online melalui website resmi maskapai.
 
Mengenai proyeksi untuk semester kedua tahun 2024, pihaknya optimistis akan terjadi peningkatan penumpang sebesar 30 persen dibandingkan semester kedua tahun lalu.
 
"Kami memperkirakan peningkatan ini berkat angkutan Natal dan Tahun Baru serta penambahan rute baru oleh Super Air Jet rute Samarinda – Jakarta dan Batik Air rute Samarinda – Yogyakarta, serta Samarinda – Makassar," sebut Denny.
 
Ia menambahkan dengan serangkaian peningkatan layanan dan fasilitas, serta kebijakan baru yang telah diterapkan, Bandara APT Pranoto siap menyambut gelombang penumpang yang lebih besar di semester kedua tahun 2024 ini.

Baca juga: Bandara Samarinda pastikan kelancaran arus mudik melalui Posko Lebaran

Baca juga: Bandara Samarinda bersiap jadi lokasi uji coba taksi terbang IKN

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024