Penanam pohon produktif dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong dapat menekan angka inflasi di Jakarta Timur
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menanami kawasan bantaran Kanal Banjir Timur (KBT), Kecamatan Duren Sawit, dengan pohon produktif di atas lahan sepanjang tujuh kilometer.

"Ada 194 ribu bibit atau benih yang merupakan sumbangan PT Antam Tbk. Bibit-bibit ini kami akan tanam dari Kelurahan Pondok Kopi hingga Kelurahan Duren Sawit," kata Wali Kota Jaktim M Anwar usai secara simbolis menanam pohon produktif di lahan pertanian perkotaan (urban farming)  Pintu Air KBT, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa.
 
Penanaman pohon produktif itu dilakukan di sepanjang tujuh kilometer, baik sisi kanan maupun sisi kiri bantaran KBT.
 
"Saya berpesan kepada kelompok tani (poktan) dan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) untuk menjaga dan merawatnya pohon-pohon ini dengan baik," kata Anwar.
 
Penanam pohon produktif dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong dapat menekan angka inflasi di Jakarta Timur, kata Anwar.
 
"Kita pernah panen cabe sebanyak 3,5 ton pada tahun lalu. Ini dapat membantu menekan angka inflasi nasional sebesar 0,3 persen," ujarnya.
 
Oleh karena itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Jakarta Timur untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan menanam pohon produktif.
 
Anwar pun mengucapkan terima kasih kepada PT Antam Tbk yang telah memberikan bantuan kepada Pemkot Jaktim.
 
Dia berharap perusahaan itu tak bosan-bosannya untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkot Jaktim untuk penanaman pohon tersebut.
Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M Anwar saat memberikan keterangan pers usai melakukan penanaman pohon produktif di bantaran kali di Pintu Air Kanal Banjir Timur (KBT) , Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (9/7/2024) ANTARA/Syaiful Hakim
Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha PT Antam Tbk, I Dewa Wirantaya mengharapkan bantuan yang diberikan berupa bibit tanaman produktif itu dapat bermanfaat bagi ketahanan pangan di wilayah Jakarta Timur.
 
"Sejengkal tanah kita, anugerah Tuhan bisa kita berdayakan dengan baik, kalau kita punya niat yang baik untuk memberdayakan dengan baik salah satu contoh urban farming ini mudah-mudahan benar-benar memberikan nilai manfaat dan kontribusi yang baik bagi kita semua," ujarnya.
 
Dewa juga berharap kolaborasi dengan Pemkot Jaktim bisa ditingkatkan kembali, khususnya dalam menjaga kelestarian lingkungan.
Baca juga: Sudin Tamhut Jakbar kembali lakukan penghijauan
Baca juga: Jakbar sasar lahan kosong pinggir jalan untuk penghijauan
Baca juga: Pemkot Jakpus kembali lakukan penanaman pohon di Jalan Bungur

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024