Program adem memberikan kesempatan bagi anak-anak daerah 3T bisa menikmati pendidikan menengah yang berkualitas
Manokwari (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Papua Barat menyebutkan bahwa sebanyak 63 orang pelajar dari tujuh kabupaten di provinsi setempat, dinyatakan lolos mengikuti Program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) tahun 2024.

Tujuh kabupaten dimaksud yaitu Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Fakfak, dan Kabupaten Kaimana.

Kepala Disdik Papua Barat Abdul Fatah di Manokwari, Selasa, mengatakan setiap kabupaten mendapatkan kuota 10 orang namun Kabupaten Pegunungan Arfak hanya mengirimkan satu orang siswa untuk mengikuti program tersebut.

"Harusnya ada 70 orang, tapi Pegunungan Arfak hanya kirim satu orang sehingga kuotanya dialihkan ke kabupaten lain," ucap Abdul Fatah.

Baca juga: Tinggi peminat program afirmasi pendidikan di Papua
Baca juga: 200 penerima beasiswa ADEM dapat bekal wawasan kebangsaan


Menurut dia program afirmasi pendidikan menengah atau adem merupakan upaya pemerintah daerah meningkatkan kualitas sumber daya manusia Papua Barat khususnya daerah pedalaman.

Pemerintah daerah juga mengharapkan dengan adanya program afirmasi bisa berdampak terhadap percepatan akulturasi keberagaman budaya di Tanah Papua secara keseluruhan.

"Peserta afirmasi pendidikan menengah sudah diberangkatkan tanggal 7 Juli 2024 ke lima provinsi di Indonesia untuk mengikuti pendidikan," kata Abdul Fatah.

Setelah tiba di daerah tujuan, kata dia, peserta akan dijemput oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek guna menjamin kelancaran pelaksanaan program adem.

Sasaran program itu mulai diperluas yang menyasar anak-anak di kawasan tertinggal, terdepan dan terluar (3T) sejak tahun 2024 kemudian kembali diperluas cakupannya pada 2016.

"Program adem memberikan kesempatan bagi anak-anak daerah 3T bisa menikmati pendidikan menengah yang berkualitas di luar Papua Barat," ucap Abdul Fatah.

Baca juga: Legislator minta hapus syarat peserta PPDB Afirmasi terdaftar di PIP
Baca juga: Pemerintah siapkan Rp2,36 triliun untuk afirmasi pendidikan keagamaan
Baca juga: Kemendikbudristek sediakan 200 beasiswa ADik untuk lulusan SMA Biak

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024