Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Senin (8/7) kemarin menjadi sorotan, mulai dari Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto berpose silat lidah saat mengunjungi Istana hingga PKS menyatakan dukungannya kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk maju sebagai calon gubernur pada Pilkada Sumatera Utara.

Berikut rangkuman berita politik yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Prabowo berpose silat sambangi Istana perdana setelah operasi

Menteri Pertahanan yang juga Presiden Terpilih Prabowo Subianto berpose silat pada kedua tangannya saat menyambangi Istana Kepresidenan Jakarta, Senin siang, yang merupakan kedatangan perdananya seusai pemulihan operasi kaki kiri yang dijalaninya.

Prabowo tiba di halaman Istana Kepresidenan sekitar pukul 12.32 WIB dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam, dilengkapi peci hitam dan kacamata hitam.

Ia tiba menggunakan mobil Alphard pelat nopol 1-00, didampingi oleh sang ajudan Mayor (Inf) Teddy Indra Wijaya.

Selengkapnya klik di sini.


2. Presiden PKS nyatakan dukung Bobby maju di Pilkada Sumut

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menyatakan mendukung Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk maju menjadi calon gubernur dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Sumatera Utara (Sumut) 2024.

"Ya PKS mengusung beliau, dan tentu kita mempercayakanlah kepada beliau," kata Ahmad Syaikhu di Kantor DPP PKS, Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.


3. Gerindra mengaku tidak bisa berpatokan kepada survei Pilkada Jateng

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku pihaknya tidak bisa berpatokan kepada hasil survei terkait Pilkada Jawa Tengah.

“Jadi, itu kan survei-survei yang dilakukan secara berkala. Tentunya kami tidak bisa berpatokan hanya dengan satu kali survei, masih ada beberapa waktu yang bisa kami manfaatkan,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.


4. Akademisi: Singkatan nama program pemerintah jangan dibuat asal-asalan

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Dr. Edi Santoso mengatakan singkatan nama program pemerintah sebaiknya jangan dibuat asal-asalan.

"Jangan sampai karena ingin mudah diingat, singkatan nama program pemerintah tersebut dibuat asal-asalan atau nyeleneh, sehingga dapat menimbulkan konotasi negatif, bahkan menjurus ke pornografi atau seksualitas," kata Edi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Selengkapnya klik di sini.


5. Istana jelaskan alasan peresmian bendungan dan tol oleh Wapres

Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana menjelaskan, peresmian Bendungan Cipanas dan Tol Cimanggis-Cibitung, Selasa (9/7) dijadwalkan dilakukan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin karena ada pelimpahan tugas dari Presiden Joko Widodo.

"Ada pelimpahan dari Bapak Presiden kepada Bapak Wapres," ujar Yusuf Permana melalui pesan singkat di Jakarta, Senin malam.

Selengkapnya klik di sini.
 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024