Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita humaniora terjadi di Indonesia, Senin (8/7), mulai dari 230 orang personel gabungan dikerahkan untuk mencari korban tanah longsor di Gorontalo hingga semua peraturan turunan dari UU Kesehatan ditargetkan rampung pada Agustus 2024.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
230 personel gabungan dikerahkan mencari korban longsor Gorontalo
 
Sebanyak 230 orang personel gabungan dari berbagai instansi dikerahkan untuk melakukan pencarian korban tanah longsor di kawasan tambang rakyat Desa Tulabolo Timur Kecamatan Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
 
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo Hariyanto di Gorontalo, Senin (8/7), mengatakan para personel yang diturunkan terdiri atas unsur TNI, Polri, Basarnas, BPBD dan PMI Kabupaten Bone Bolango, serta RAPI Gorontalo.
 
Selengkapnya baca di sini.
Presiden Jokowi: Cuti melahirkan enam bulan sangat manusiawi
 
Presiden Joko Widodo menilai hak cuti melahirkan yang diberikan untuk ibu berstatus pekerja selama maksimal enam bulan sangat manusiawi, karena untuk mempersiapkan kelahiran dan merawat bayi.
 
"Kalau diberikan cuti seperti itu saya kira untuk mempersiapkan kelahiran dan merawat bayinya, saya kira sangat manusiawi," kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai melepas bantuan Indonesia untuk penanganan bencana di Papua Nugini dan Afganistan, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
RI terbangkan bantuan untuk korban bencana di Papua Nugini sore ini
 
Pemerintah Republik Indonesia (RI) menerbangkan bantuan untuk korban bencana tanah longsor di Provinsi Enga, Papua Nugini menggunakan pesawat udara dari Base Ops SUMA 1 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (8/7) sore ini.
 
Pantauan di BaseOps SUMA 1 Halim Perdanakusuma tampak petugas otoritas bandara mengemas setidaknya tiga unit kontainer bantuan dari gudang ke dalam bagasi Pesawat Garuda Indonesia Airbus A330.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
BNPB kirim bantuan untuk korban bencana di Afganistan melalui kargo
 
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan bantuan dari Pemerintah Republik Indonesia untuk korban bencana di Afganistan menggunakan pesawat kargo barang.
 
"Bantuan tersebut terdiri atas 10 paket meliputi kebutuhan pokok dan peralatan medis seperti obat-obatan bila dinominalkan senilai Rp17,5 miliar," kata Kepala BNPB Suharyanto, saat ditemui usai mendampingi Presiden Joko Widodo melepas pengiriman bantuan untuk korban bencana tanah longsor Papua Nugini di Base Ops SUMA 1 Landasan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (8/7) petang.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Menkes targetkan aturan turunan UU Kesehatan selesai pada 2024
 
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan agar semua peraturan turunan dari Undang-Undang Nomor: 17 tahun 2023 tentang Kesehatan, hingga ke level Peraturan Menteri Kesehatan, dapat diselesaikan dalam satu tahun sejak diundangkannya, yaitu Agustus 2024.
 
Dalam paparannya saat rapat bersama Komisi IX DPR RI di Jakarta, Senin (8/7), Budi menyebutkan bahwa keberadaan UU Kesehatan yang disusun dengan metode omnibus law itu akan menyederhanakan beragam aturan mengenai sektor kesehatan yang ada di Indonesia selama ini.
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024