Jakarta (ANTARA) -
Berita memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat karena menjadi sumber utama informasi yang memberikan pemahaman tentang peristiwa.

Pemahaman tersebut mencakup informasi terbaru dan tren saat ini, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Selain itu, berita juga berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kesadaran publik tentang isu-isu penting seperti kesehatan, lingkungan, politik, dan sosial.

Berita tidak hanya memberitahu apa yang terjadi, tetapi juga menjelaskan latar belakang, dampak, dan implikasi dari setiap peristiwa.

Hal tersebut dinilai sangat membantu masyarakat untuk memahami konteks yang lebih luas dari sebuah berita.
 
Lebih dari itu, berita dapat memotivasi partisipasi masyarakat dalam perubahan sosial, dengan memberikan informasi yang relevan dan membangkitkan kesadaran akan isu-isu penting.

Menurut dari berbagai sumber, berita memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat dengan beberapa cara:
 
1. Memberikan informasi
Berita memberikan informasi terbaru tentang peristiwa penting dan trend yang terjadi baik di skala nasional maupun internasional.
 
2. Membangun kesadaran publik
Berita membantu dalam meningkatkan kesadaran publik tentang isu-isu penting seperti kesehatan, lingkungan, politik, dan sosial.
 
3. Mengedukasi masyarakat
Berita tidak hanya memberi tahu apa yang sedang terjadi. Namun berita juga menjelaskan latar belakang, dampak, dan implikasi dari peristiwa tersebut.

Hal tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat dalam memahami konteks informasi yang lebih luas.
 
4. Mendorong partisipasi dan aksi
Berita yang informatif dapat mendorong masyarakat untuk terlibat dalam perubahan sosial, politik, atau lingkungan dengan memberikan informasi yang memotivasi tindakan mereka.
 
5. Menjaga akuntabilitas
Dengan melaporkan seluruh kegiatan dari berbagai instansi dan institusi lainnya, berita membantu menjaga transparansi dan akuntabilitas di masyarakat luas.
 
6. Alat kontrol sosial
Ketika menyampaikan informasi yang relevan bagi masyarakat, berita berfungsi sebagai mekanisme kontrol sosial.
 
Berita tidak hanya menyampaikan laporan tentang peristiwa, tetapi juga bertanggung jawab untuk mengingatkan terhadap hal-hal yang bertentangan dengan kepentingan publik.
 
7. Sebagai pemberi hiburan
Berita juga memiliki peran dalam memberikan hiburan kepada masyarakat, misalnya melalui karya jurnalistik seperti feature atau komik yang mengangkat cerita kehidupan sehari-hari masyarakat.
 
Tidak hanya itu, menurut Andi Fachruddin dalam buku "Dasar-dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing" (2012).

Berita terbagi menjadi 5 peran, diantaranya:
 
1. Penafsir
Setiap peristiwa memerlukan interpretasi atau penafsiran. Dalam konteks ini, berita memiliki peran penting untuk menjelaskan makna dari setiap peristiwa yang terjadi.
 
2. Pelapor
Makna pelapor, berita berfungsi sebagai pengawas dan penyampai informasi kepada masyarakat, dengan melaporkan berbagai peristiwa tanpa pandangan atau penilaian yang memihak.
 
3. Peran jaga atau watchdog
Watcdog mengartikan berita sebagai anjing penjaga yang tujuannya mengkritisi kebijakan atau tindakan pemerintah yang dipandang merugikan rakyat.
 
4. Wakil publik
Berita harus dianggap sebagai wakil publik. Oleh karena itu, berita merupakan hasil karya jurnalistik yang seharusnya mencerminkan suara dari publik.
 
5. Pembuat kebijakan
Peran terakhir dari berita adalah memperjuangkan kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, produk berita harus senantiasa dikembangkan untuk mengungkap permasalahan sosial yang sedang atau ingin terjadi.
 
Perlu dipahami, melalui beberapa peran yang sudah di jabarkan di atas, berita tidak hanya sebagai sumber informasi tetapi juga sebagai alat yang kuat untuk membentuk opini serta mempengaruhi perilaku masyarakat.

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024