Jakarta (ANTARA) - Lembaga Amil Zakat (LAZ) Pusat Zakat Melaka, Malaysia, mempelajari tata kelola zakat di Indonesia melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI.
 
"Kami ke sini ingin belajar dari Baznas, untuk kami aplikasikan di Melaka nanti. Jadi, memang banyak hal yang kami coba terus belajar dari Baznas," kata Ketua Pegawai Eksekutif Senarai Zakat Melaka Datuk Mohamad Azmi bin Haji Sabtu melalui keterangan di Jakarta, Senin.
 
Mohamad Azmi mengatakan beberapa hal yang dipelajari dari Baznas antara lain pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah, baik dari segi pengumpulan maupun pendistribusian.

Baca juga: Baznas tingkatkan kompetensi amil zakat melalui pelatihan kelola zakat
 
Ia mengaku kegiatan Baznas dalam proses pendistribusian zakat, infak, dan sedekah hingga mampu mencakup banyak pihak yang terkait di berbagai wilayah di Indonesia menjadi salah satu hal yang paling menarik minatnya dalam mempelajari pengelolaan zakat melalui Baznas.
 
"Terima kasih kepada Baznas RI, Prof Noor dan jajarannya, karena telah menerima kami, kami merasa pertemuan ini sangat bermakna, karena Baznas ini mengelola zakat se-Indonesia yang di mana rakyatnya cukup banyak dan pengelolaannya pun cukup baik," ujarnya.
 
Ketua Baznas RI Noor Achmad menyampaikan bahwa kunjungan Pusat Zakat Melaka ini merupakan momentum saling bertukar pengalaman dan informasi terkait manajemen pengelolaan zakat di masing-masing negara, yang nantinya dapat menjadi kajian atau rekomendasi yang bermanfaat bagi kedua pihak.

Baca juga: Baznas buka opsi kerja sama dengan Malaysia dalam optimasi dana sosial
 
"Intinya kita tukar menukar pengalaman manajemen zakat yang di Indonesia dan di Melaka, tadi juga sudah saya jelaskan, semua yang terkait dengan visi, misi, dan program-program yang telah Indonesia dilaksanakan oleh Baznas di seluruh Indonesia," ucapnya.
 
Noor menilai kegiatan seperti ini memiliki dampak positif, sehingga Baznas bakal mengadakan kegiatan serupa pada waktu mendatang.
 
"Nanti akan kita coba undang lembaga-lembaga zakat dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan lainnya pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Baznas nanti," ujarnya.

Baca juga: BAZNAS gandeng Muhammadiyah untuk program pengembangan SDM unggul 
 
Melalui kegiatan ini, Noor berharap sejumlah hal baik yang dilakukan oleh Baznas dapat dicontoh oleh Pusat Zakat Melaka, demikian pula sebaliknya agar pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah dapat menjadi lebih baik lagi.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024