Jakarta (ANTARA) - Punya berat badan yang ideal merupakan impian banyak orang sehingga banyak kalangan yang melakukan diet.

Namun selain bentuk tubuh yang ideal, diet juga perlu memperhatikan keseimbangan nutrisi demi mendapatkan kondisi fisik yang prima.

Berikut ini adalah jenis-jenis diet yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda:

1. Diet paleo
Diet ini dilakukan dengan hanya konsumsi makanan yang kaya kandungan protein. Hindari makanan mengandung karbohidrat, gula, dan lain-lain yang memicu berat badan naik.

Pengolahan makanan yang akan dikonsumsi ketika diet paleo sangat dianjurkan dengan cara dikukus, ditumis, atau dipanggang. Hindarilah pengolahan goreng atau minyak berlebih.

Dengan melakukan diet paleo akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mencegah kolesterol, tinggi gula darah, gangguan jantung, dan berat badan yang ideal.

2. Diet keto
Diet ini dilakukan dengan meningkatkan konsumsi makanan kaya lemak sehat dan protein. Hal ini dilakukan agar tubuh mempunyai tinggi kalori lemak sehat dan kalori.

Proses diet keto dengan mengurangi kandungan gula dan karbohidrat yang menjadi sumber utama energi tubuh. Kemudian, terjadi proses ketosis atau tubuh tidak memiliki kandungan gula yang menjadi energi tubuh, namun diganti dengan adanya lemak dan protein.

Hal ini yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Akan tetapi diet keto dianjurkan untuk dilakukan dalam jangka waktu pendek. Cukup sampai dua sampai tiga minggu dan paling lama sampai enam sampai 12 bulan.

3. Diet mediterania
Diet ini dilakukan dengan rutin konsumsi makanan sehat dengan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan, seperti buah, sayur, kacang, dan biji-bijian. Makanan ini wajib menjadi makanan utama.

Jika bosan hanya makanan sayuran dan buah, Anda bisa menambahkan makanan protein, seperti ayam, daging merah, telur, atau yang lainnya dengan porsi yang sedikit saja.

4. Diet atkins
Diet ini dilakukan dengan meningkatkan konsumsi makanan dengan kandungan kaya lemak sehat guna mengontrol asupan karbohidrat yang berlebih.

Tidak sesulit diet keto yang memiliki kesamaan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, diet atkins masih memperbolehkan konsumsi makanan karbohidrat sampai berat badan ideal yang Anda inginkan tercapai di akhir proses diet.

Perlu diingat dalam melakukan diet atkins ini adalah konsumsi lemak sehat, sehingga diet dapat berhasil dengan aman dan sehat.

Pilih makanan yang mengandung lemak HDL, protein murni, serta serat, seperti ikan, sayuran, telur, alpukat, dan lainnya.

5. Diet intermittent fasting atau puasa
Diet ini dilakukan dengan hanya makan pada waktu tertentu. Diet ini tidak membatasi kandungan makanan yang harus dikonsumsi.

Cara diet ini harus memiliki jadwal waktu makan yang sudah diatur dan dilakukan secara rutin. Namun, jangan terlena dan tetap memilih makanan yang sehat bagi tubuh.

Itulah jenis-jenis diet yang sehat yang perlu diketahui untuk menurunkan berat badan. Lakukan dengan konsisten dan jaga pola makanan secara sehat.

Selain memilih makanan yang baik bagi tubuh, Anda perlu melakukan olahraga rutin sebagai penyimbang kesehatan tubuh dan rajin minum air putih setiap hari.


Baca juga: 5 buah yang ampuh dan murah untuk diet sehat

Baca juga: Ketahui jenis makanan dan waktu makan agar diet cepat berhasil

Baca juga: Cara diet sehat dan cepat untuk dapatkan berat badan ideal

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024