"Kami siapkan pengawalan tamu negara, dengan lakukan pelatihan terhadap personel patroli jalan raya (PJR),"
Balikpapan (ANTARA) -
Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) mempersiapkan personel untuk melakukan pengawalan tamu negara saat Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024.
 
"Kami siapkan pengawalan tamu negara, dengan lakukan pelatihan terhadap personel patroli jalan raya (PJR)," kata Kepala Unit VI Satuan Lalu Lintas Polda Kaltim Ajun Komisaris Polisi Muhammad Zulhijah di Balikpapan, Senin.
 
Pelatihan pengawalan itu diikuti tim patroli dan pengawalan (Patwal) Polda Kaltim, serta tim dari 10 kepolisian resor (polres) kabupaten dan kota yang masuk wilayah Polda Kaltim.
 
Diharapkan dengan pelatihan itu personel PJR maupun dari wilayah bakal semakin meningkat kemampuannya dalam melakukan pengawasan, terutama untuk acara kenegaraan, sebab pelatihan juga dilakukan setiap tahun.
 
""Pelatihan kemampuan PJR dan Patwal dilakukan setiap tahun, dan untuk hadapi acara kenegaraan lebih tingkatkan," ujarnya.
 
Pada saat acara kenegaraan dan rangkaiannya di IKN, tim patroli jalan raya serta patroli dan pengawalan, jelas dia lagi, bertugas melakukan pengawalan para tamu negara (very very important person/VVIP)
 
Korps Lalulintas (Korlantas) Mabes Polri Irjen Pol Aan Suhanan telah meninjau kesiapan, khususnya untuk lalu lintas yang digunakan saat gelaran acara kenegaraan itu.
 
Korlantas melihat langsung jalur yang akan digunakan untuk menuju ke IKN, mulai dari Kota Balikpapan sampai tempat acara Istana Negara termasuk lokasi parkir dan sebagainya.
 
Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kaltim, menurut dia, telah mempersiapkan pengamanan dan pengawalan, jalur dan parkiran secara komprehensif.
 
Secara keseluruhan sudah dipersiapkan mulai dari personel, kendaraan yang akan digunakan, ia menimpali lagi, kemudian teknologi yang akan mendukung operasional manajemen pelaksanaan.
 
Pengamanan VVIP Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 dilakukan oleh TNI dan pengamanan VIP dilakukan kepolisian, demikian Muhammad Zulhijah.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan/Muhammad Solih Januar
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024