Jakarta (ANTARA) - PP Perbasi mengapresiasi penyelenggaraan kompetisi bola basket 3x3 Indonesia Tournament yang sukses diselenggarakan di Makassar Sulawesi Selatan pada 5 hingga 7 Juli, sebagai upaya pengembangan olahraga tersebut di seluruh wilayah Tanah Air.

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament ini terselenggara berkat kerja sama PT Supersport Sensation (PT SSS) International dengan PP Perbasi serta didukung oleh Bank Mandiri Tbk yang sudah berjalan tiga tahun pelaksanaan.

Inovasi yang diperkenalkan pada tahun ketiga ini adalah memperluas turnamen ke luar Jawa, setelah sebelumnya hanya dilaksanakan di Pulau Jawa. Sebelum diadakan di Sulawesi Selatan, Mandiri 3X3 Indonesia Tournament juga singgah di Medan, Sumatera Utara, dengan Play-In Tournament berlangsung pada 27-28 April dan Grand Final pada 1 Mei 2024.

Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi menekankan pentingnya keterlibatan pihak swasta dalam pengembangan dunia bola basket di Indonesia, terutama dalam menumbuhkembangkan Basket 3X3.

"Untuk menjaga eksistensi Basket 3X3 Indonesia, dibutuhkan regenerasi yang berjenjang agar prestasi bisa berkesinambungan. Peran Mandiri 3X3 Indonesia Tournament penting dalam sukseskan program regenerasi yang digaungkan PP Perbasi," kata Nirmala dalam keterangan tertulis.

Direktur Utama PT SSS International, Azwan Karim, mengapresiasi semangat para atlet yang berpartisipasi dalam turnamen ini di Makassar. "Mandiri 3X3 Indonesia Tournament ini bukan sembarang turnamen karena atlet yang bersaing di sini merupakan pebasket yang tercatat di peringkat dunia perorangan FIBA 3X3," katanya.

"Selain menambah jam terbang bagi para pemain muda, ajang ini juga kami sediakan untuk PP PERBASI dalam mencari bakat dalam membangun kekuatan Basket 3X3 di masa depan," ujarnya lagi.

Basket 3X3 Indonesia sendiri telah menunjukkan eksistensinya di tingkat internasional. Pada SEA Games 2019, Basket 3X3 Putra meraih medali perak. Di FIBA Asia Cup 2022, Timnas Basket 3X3 Putri menempati peringkat ketiga di Asia.

Pada ajang SEA Games Hanoi 2021 dan SEA Games 2023 Kamboja, Timnas Basket 3X3 Putri berhasil meraih medali perunggu. Terakhir, Timnas Basket 3X3 Putri berhasil meraih medali emas di ASEAN University Games 2024 yang digelar di Surabaya-Malang.

Setelah pelaksanaan di Medan dan Makassar, Penanggung Jawab Mandiri 3X3 Indonesia Tournament, Chaerul Anwar Azis, mengumumkan bahwa ajang ini akan berlanjut di Regional Jawa.

"Regional Jawa akan berlangsung dengan Play-in Tournament di Banten, Bandung, Solo, dan Surabaya, dengan Grand Final Regional Jawa akan difokuskan di DKI Jakarta," ujar Chaerul.

Baca juga: SSS kolaborasi Perbasi gelar kompetisi basket perdana di Makassar

Baca juga: SSS bantu Perbasi kembangkan basket 3X3 di Sulawesi melalui kompetisi

Baca juga: Perbasi persiapkan skuad untuk Piala Dunia FIBA U-19 Putri

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024