Jakarta (ANTARA) - Berbagai jenis buah-buahan dengan kandungan vitamin dan mineral yang melimpah sebenarnya sangat mudah ditemui, baik di pasar tradisional hingga mini market di sekitar tempat tinggal Anda.

Buah-buahan juga menjadi makanan penting dan senjata yang ampuh bagi Anda yang sedang menjalankan diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Apa saja buah yang ampuh untuk diet yang harga murah? Berikut jenis-jenis buah yang dapat dikonsumsi untuk diet.

1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang bagus untuk diet. Pisang mengandung karbohidrat kompleks yaitu karbohidrat sehat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Pisang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat melakukan pembakaran lemak. Selain itu, mengkonsumsi pisang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menghindari konsumsi makanan yang berlebihan.

2. Apel
Ketika diet, Anda disarankan untuk menghindari konsumsi kandungan kalori yang berlebihan. Makan buah apel sangat cocok untuk diet karena buah ini mengandung kalori yang rendah dengan serat yang tinggi.

Buah apel memiliki 100 kalori dan 5 gram serat. Dengan konsumsi buah apel terbukti dapat menurunkan berat badan.

Selain itu, apel juga dapat meningkatkan imunitas tubuh karena kaya kandungan vitamin C dan polifenol yang bagus untuk tubuh.

3. Alpukat
Alpukat juga dapat dipercaya dapat menurunkan berat badan. Setelah mengkonsumsi alpukat, Anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan dapat dijaga dengan baik.

Hal itu disebabkan alpukat memiliki 300 kalori, tetapi kalori dalam kandungan alpukat adalah kalori lemak baik, sehingga sehat untuk tubuh dan bisa untuk diet.

Namun, hindari penambahan gula saat konsumsi buah alpukat, terutama ingin diet, untuk menghindari kandungan kalori yang berlebihan.

4. Mangga
Sama seperti alpukat, buah mangga juga kaya dengan kalori lemak baik dan diimbangi dengan nutrisi yang sehat untuk tubuh.

Mangga memiliki 107 kalori dan nutrisi lain seperti serat, protein, vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin B, vitamin B5, kalium, dan folat.

Bukan hanya dapat menurunkan berat badan, buah mangga juga dapat memenuhi gizi untuk tubuh ketika sedang diet.

5. Kiwi
Buah kiwi juga dapat menurunkan berat badan ketika diet. Kiwi memiliki kandungan 45 kalori dengan berbagai nutrisi sehat lainnya, seperti vitamin E, vitamin C, folat dan kalsium.

Berbagai kandungan antioksidan terdapat dalam kiwi, sehingga baik untuk menjaga imunitas tubuh, kolestrol dan tingga gula darah. Kiwi sangat cocok untuk diet dan menambah nutrisi bagi tubuh.

Itulah berbagai jenis buah sehat dan murah yang dapat Anda konsumsi ketika ingin melakukan diet. Namun, perlu diperhatikan cara mengkonsumsi buah yang Anda pilih. Tetap jagalah pola makan yang lainnya, pilihlah makanan bergizi lainnya seperti sayur, kacang-kacangan, dan lainnya.

Baca juga: Ketahui jenis makanan dan waktu makan agar diet cepat berhasil

Baca juga: Cara diet sehat dan cepat untuk dapatkan berat badan ideal

Baca juga: Ahli nutrisi: "Conscious Diet" turunkan berat badan berkelanjutan

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024