Meningkatnya volume pelanggan salah satunya diperkirakan karena adanya sejumlah inovasi peningkatan pelayanan
Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat jumlah penumpang selama periode semester I (Januari-Juni 2024) mencapai 2.896.333 pelanggan, meningkat 12,9 persen dibanding periode yang sama 2023 yang sebanyak 2.565.356 pelanggan.
 
Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Jawa Timur, Senin, mengatakan rincian penumpang pada semester I, ialah 939.181 penumpang kelas eksekutif, 125.003 kelas bisnis dan 1.832.148 kelas ekonomi.
 
Sementara, kata dia, rincian penumpang pada periode yang sama tahun sebelumnya ialah, 862.125 penumpang kelas eksekutif, 126.878 kelas bisnis dan 1.576.353 kelas ekonomi.
 
"Meningkatnya volume pelanggan salah satunya diperkirakan karena adanya sejumlah inovasi peningkatan pelayanan yang kami lakukan seperti peremajaan sarana, penambahan KA baru, peningkatan kecepatan, dan peningkatan fasilitas pelayanan pelanggan di Stasiun," ujarnya.
 
Luqman menjelaskan pada periode 2023 hingga 2024 pihaknya telah melakukan berbagai inovasi seperti peremajaan sarana KA Argo Bromo Anggrek dan KA Majapahit dengan menggunakan jenis Kereta Stainless Steel New Generation.
 
Selain itu, lanjutnya, juga menambahkan KA baru seperti KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir PP dan KA Malabar keberangkatan pagi relasi Malang - Bandung, serta melakukan peningkatan kecepatan seiring dengan pemberlakuan GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) baru yang telah dimulai pada 1 Juni 2023.

Baca juga: 25.815 penumpang KA berangkat dari Stasiun Malang saat libur sekolah

Baca juga: Jumlah penumpang naik 36 persen di Stasiun Malang saat libur Idul Adha
 
"Inovasi produk kereta juga kami hadirkan melalui Kereta Kompartemen yang dirangkaikan pada KA Argo Semeru dan KA Bima untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan saat dalam perjalanan," ucapnya.
 
Luqman menambahkan, untuk meningkatkan pelanggan agar dapat senantiasa menggunakan moda transportasi kereta api, pihaknya juga terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan di Stasiun.
 
"Di antaranya dengan menyediakan luxury lounge, arena bermain anak, air minum isi ulang gratis bagi penumpang, serta fasilitas Face Recognition Boarding Gate yang memudahkan penumpang dalam proses boarding," katanya.
 
Dengan semangat melayani, pihaknya berkomitmen akan terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan dengan harapan minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat dan tepat Waktu.
 
"KAI Daop 8 Surabaya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya serta kesetiaan masyarakat yang telah memilih transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk mendukung mobilitas," tutur Luqman Arif.

Baca juga: KAI sesuaikan jadwal KA Malioboro Ekspress untuk tingkatkan layanan

Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya siapkan 27.226 tempat duduk pada libur Waisak 2024

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024