Palembang (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyebutkan sebanyak 5.374 haji yang pemulangannya melalui Debarkasi Palembang, Sumatera Selatan,  tiba di Tanah Air.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumsel Syafitri Irwan di Palembang, Senin, mengatakan sebanyak 447 haji Kloter 12 asal Ogan Komering Ulu, Palembang, dan Muara Enim, Sumsel tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, dini hari tadi.

Baca juga: Kemenag Sumsel sebut dua jamaah kloter 2 tertunda pulang karena sakit

Kloter 12 saat berangkat ke Tanah Suci berjumlah 449 orang. Jumlah yang kembali berbeda dengan keberangkatan, karena ada yang meninggal, pulang lebih awal dan tanazul di Kloter 12.

Di Tanah Suci ada 1 orang haji meninggal dunia atas nama Zainal Arifin (55) asal OKU. Kemudian 2 orang haji pulang lebih awal, yaitu Ruswendi dan Nurul Huda. Serta ada 1 orang haji tanazul masuk dari kloter 2, yaitu Zaenoni Zen Ibrahim (62) asal Lubuklinggau, dan sempat tertunda pulang karena sakit dan dirawat di RS King Abdullah Makkah, sehingga kepulangannya ke Tanah Air menunggu dia sehat.

"Hingga Kloter 12, total jamaah Debarkasi Palembang yang sudah kembali sebanyak 5.374 orang dari 8.467 orang yang berangkat. Rinciannya, 4.206 haji berasal dari Sumsel, 1.106 haji asal Bangka Belitung dan 60 petugas kloter," katanya.

Baca juga: Kemenag: Jamaah haji yang meninggal tetap dapat air zamzam

Baca juga: Jamaah haji Kloter 1 Debarkasi Palembang tiba ke Tanah Air, komplit


Syafitri mengatakan hingga saat ini sudah 25 haji yang meninggal dengan rincian dua orang meninggal di embarkasi, 22 orang meninggal di Arab Saudi dan satu meninggal di debarkasi.

"Hingga saat ini, masih ada empat orang asal Debarkasi Palembang yang masih dirawat di Arab Saudi. Mereka akan kembali ke Tanah Air ikut kloter-kloter berikutnya. Tersisa tujuh Kloter lagi yang belum tiba di Tanah Air," kata dia.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024