Jakarta (ANTARA) - Proses diet secara sehat untuk memperoleh berat badan ideal akan menjadi lebih mudah bila individu memahami jenis serta waktu makan yang tepat.

Diet bukan artinya tidak makan sama sekali, tapi porsi makan dikurang, agar terjadi defisit kalori. Kendati demikian, tubuh tetap membutuhkan nutrisi dan kalori yang cukup agar tubuh tetap bekerja secara optimal dan sehat bugar.

Beberapa jenis makanan dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet. Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut ini daftarnya.  

Telur
Makanan yang kaya kandungan protein dan nutrisi yang lengkap sangat bagus dikonsumsi untuk diet yaitu telur. Jenis telur yang dapat dikonsumsi yakni telur ayam, bebek, dan telur puyuh.

Telur dapat memberikan rasa kenyang dan menghindari nafsu makan yang berlebihan karena mengandung nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, folat, dan omega-3.

Tahu dan tempe
Tahu dan tempe makanan sehari-hari yang mudah ditemukan dan harga murah. Makanan yang berasal dari kacang kedelai ini mengandung protein nabati rendah kalori. Nutrisi ini sangat mendukung proses diet dengan cepat.

Cara konsumsi tahu dan tempe yang dapat Anda lakukan dengan dikukus, panggang, goreng, dan tumis. Pilih sesuai dengan selera yang disukai Anda.

Kentang
Saat dikonsumsi dengan cara dipanggang atau direbus, kentang bisa menjadi pilihan santapan diet rendah kalori. Selain itu, kentang memiliki serat dan protein yang keduanya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan ampuh untuk diet.

Ikan
Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3, protein, dan vitamin serta mineral termasuk selenium dan vitamin D. Ikan memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, terutama ketika melakukan diet menurunkan berat badan.

Namun, dianjurkan untuk hanya mengonsumsi 150–300 gram ikan laut yang mengandung merkuri berlebih, seperti tuna, tongkol, dan jenis lainnya. Untuk penggantinya, Anda bisa konsumsi ikan lain, seperti lele, salmon, dan sarden yang rendah merkuri.

Sayuran
Jenis sayuran perlu dikonsumsi, seperti brokoli, bayam, kembang kol, dan wortel merupakan makanan sehat dan ampuh untuk diet. Sayuran ini tinggi serat, rendah kalori, sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu mengatur nafsu makan yang berlebihan.

Anda bisa memakan sayuran ini sebagai lauk dengan cara dikukus atau digoreng, atau dapat diolah menjadi isi salad atau gado-gado.

Daging tanpa lemak
Daging merah tanpa lemak dan dada ayam tanpa kulit merupakan menu makan bergizi untuk menurunkan berat badan.

Dibandingkan dengan jenis daging lainnya, daging ini memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah serta kaya kandungan protein dan zat besi. Jenis makanan ini sangat bagus untuk membantu penurunan berat badan dalam mengonsumsi makan daging rendah lemak.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan waktu makan. Waktu makan yang ideal untuk menurunkan berat badan adalah ketika sarapan setidaknya satu hingga dua jam sebelum melakukan aktivitas apa pun.

Ketika makan camilan batasi dari dua hingga tiga jam setelah sarapan, lalu ketika makan siang dari dua hingga tiga jam setelah camilan. Setelah itu, ketika makan malam batasi dari dua sampai tiga jam sebelum tidur.

Melansir laman halodoc, berikut rekomendasi jam waktu makan untuk diet yang tepat.
  • Sarapan: tepat setelah pukul 7 pagi.
  • Makan siang: antara pukul 12.30 dan 13.00.
  • Makan malam: antara pukul 18.00 dan 18.30.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024